Tiga lokasi rawan karhutla di Kabupaten Pesisir Barat

id Polres Pesisir Barat,Pantau tiga lokasi rawan kebakaran hutan,Kebakaran hutan dan lahan

Tiga lokasi rawan karhutla di Kabupaten Pesisir Barat

Suasana saat personel Polres Pesisir Barat sedang meninjau lokasi sisa kebakaran hutan. (ANTARA/HO-Humas Polres Pesisir Barat)

Pesisir Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Barat, Polda Lampung, melakukan pemantauan dengan mendatangi beberapa lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut.

"Telah terpantau ada 3 titik panas karhutla yang berada di wilayah hukum Polres Pesisir Barat," kata Kabag Ops Polres Pesisir Barat AKP Abdul Rasyid, di Krui, Rabu.

Ia mengatakan lokasi titik panas atau area yang memiliki suhu lebih tinggi dibandingkan dengan sekitar tersebut berada di tiga kecamatan.

"Jadi untuk tiga titik lokasi rawan karhutla antara lain Pekon Lintik Kecamatan Krui Selatan, di Kecamatan Lemong, dan Desa Kota Batu, Kecamatan Ngaras," katanya. 

Dia menegaskan saat ini untuk tiga titik panas rawan karhutla tersebut sudah padam, namun masih dalam area pemantauan. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya mengajak warga berperan aktif dalam pencegahan sejak dini dengan cara tidak melakukan pembakaran lahan.

"Saya tekankan agar tidak ada masyarakat yang melakukan pembakaran lahan. Sekarang ini kita dihadapkan dengan cuaca panas yang ekstrem. Jika melakukan pembakaran maka api akan mudah menyebar," ujarnya. .