Dompet Dhuafa Waspada salurkan paket sembako bagi penyintas banjir di Medan Baru

id DD Waspada salurkan paket sembako bagi penyintas banjir di Medan Baru

Dompet Dhuafa Waspada salurkan paket sembako bagi penyintas banjir di Medan Baru

DD Waspada salurkan paket sembako bagi penyintas banjir di Medan Baru. Foto Antara/HO-DOMPET DHUAFA.

Medan Baru (ANTARA) - Banjir yang melanda sejumlah titik di Kota Medan Sumatera Utara membuat warga tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Merespon kondisi tersebut, Dompet Dhuafa Waspada menyalurkan paket sembako untuk warga yang berada di Lingkungan 3, Kelurahan Darat, Kecamatan Medan Baru, Senin (28/2).

Berdasarkan pantauan tim Dompet Dhuafa Waspada, daerah tersebut termasuk kondisi yang terparah mengalami bencana banjir dari malam hingga keesokan harinya.

M. Risky Aditya selaku kepala lingkungan di daerah tersebut pun membenarkan bahwa sejak kemarin malam air mulai menggenangi rumah warga.

“Air naik pada Minggu pukul 23.00 WIB  dengan ketinggian air saat itu mencapai dada orang dewasa,” terang Risky.

Keesokan harinya pada Senin, Risky menyampaikan bahwa air sudah berangsur surut namun belum sepenuhnya.

“Jam 11.00 WIB air mulai surut dari yang sedada menjadi sepaha orang dewasa,” ucapnya.

Banjir yang terjadi di lingkungannya tersebut mengakibatkan sebanyak 14 KK terdampak dengan kondisi rumah terendam parah banjir dan 12 KK terendam ringan.

Menyahuti kondisi tersebut, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa Waspada saat ini berupaya memberikan respon bencana.

“Tim relawan sudah langsung ke sana, meninjau lokasi sekaligus merespon cepat kondisi, kita melihat mereka kesulitan untuk bahan pangan makanya kita langsung kirim 26 paket sembako untuk warga terdampak,” kata Sulaiman.

Sulaiman juga menyampaikan bahwa sampai saat ini, tim relawan masih terus berkoordinasi dengan kepala lingkungan setempat guna menindaklanjuti upaya respon bencana.

“Karena melihat sampai Senin pagi hingga malam pun hujan masih turun, kita juga terus berkoordinasi melihat nanti bagaimana apakah masih ada bantuan lainnya yang perlu disiapkan,” ucap Sulaiman.

Sulaiman berharap agar bencana banjir yang melanda Kota Medan bisa segera berakhir.

 “Sama-sama kita doakan semoga segera berakhir banjir yang ada di beberapa titik kota Medan dan sekitarnya, khawatir karena hujan masih terus turun dua hari belakangan ini, jadi mari sama terus kita berdoa,” pungkas Sulaiman.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.