98 nakes di Puskesmas Cipayung telah disuntik vaksin dosis ketiga

id Puskesmas Kecamatan Cipayung,Cipayung,Vaksin COVID-19,Vaksin booster

98 nakes di Puskesmas Cipayung telah disuntik vaksin dosis ketiga

Pelaksanaan vaksinasi dinamis COVID-19 bagi lansia di SMA 113, Cipayung, Jakarta Timur. ANTARA/Yogi Rachman

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 98 tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung, Rini Muharni, mengatakan jumlah itu merupakan awal dari penyuntikan vaksin "booster" untuk tenaga kesehatan di wilayah tersebut.

"Untuk awal ada 98 orang. Penyuntikannya di hari Jumat tanggal 6 Agustus 2021 lalu," kata Rini Muharni di Jakarta, Rabu.

Para tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin dosis ketiga sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan, meliputi tensi darah hingga riwayat pernah terpapar COVID-19 dalam tiga bulan terakhir.

Dia mengatakan bahwa pemberian dosis ketiga dengan vaksin Moderna itu bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan penanganan COVID-19.

Rencananya Puskesmas Kecamatan Cipayung masih melakukan penyuntikan vaksin ketiga untuk tenaga kesehatan pada tanggal 13 Agustus 2021 mendatang.

"Untuk vaksinasi selanjutnya hari Jumat tanggal 13 Agustus 2021 sebanyak 98 orang," ujar Rini.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan, vaksinasi dosis ketiga saat ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua.

Kementerian Kesehatan menegaskan peruntukan "booster" tidak untuk khalayak umum mengingat keterbatasan pasokan vaksin dan juga masih ada lebih dari 160 juta penduduk sasaran vaksinasi yang belum mendapatkan suntikan.

"Diperkirakan jumlahnya ada sekitar 1,5 juta orang yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.