Trump sampaikan pesan demokrasi ke Jokowi dalam momen HUT ke-75 RI

id HUT ke-75 RI,kemerdekaan indonesia,hari kemerdekaan,presiden AS,donald trump,presiden jokowi

Trump sampaikan pesan demokrasi ke Jokowi dalam momen HUT ke-75 RI

Presiden Jokowi berfoto bersama Presiden AS Donald Trump di sela acara KTT G20 Osaka, Jepang, Juni 2019. ANTARA/Dok. Biro Pers Setpres/pri

Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengirimkan pesan demokrasi kepada Presiden Indonesia Joko Widodo sebagai ucapan selamat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

Pesan yang terdiri dari tiga baris tersebut diteruskan oleh Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

"Atas nama Amerika Serikat, dengan penuh suka cita saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 pada 17 Agustus," kata Trump dalam surat tersebut.

Trump menyebut bahwa AS dan Indonesia merupakan dua negara yang demokratis, dengan komitmen untuk memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia, termasuk di kawasan Indo-Pasifik.

"Melalui kerja sama untuk memajukan kepentingan kita berdasarkan nilai-nilai demokratis yang kita anut bersama tersebut, saya yakin bahwa kita mampu mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka," tulis Trump.

Kesamaan nilai-nilai pada kedua negara merupakan modal dalam menjalin relasi strategis, yang saat ini difokuskan pula pada upaya bersama untuk melawan pandemi COVID-19.

"Kemitraan strategis antara AS dan Indonesia berakar pada nilai-nilai bersama, hubungan antarmasyarakat yang mendalam, serta hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis," kata Trump menambahkan.

"Di saat-saat yang penuh tantangan ini, upaya bersama kita menanggulangi dampak COVID-19 akan semakin memperdalam kemitraan kita. [...] saya ucapkan sukses selalu seiring perayaan hari yang istimewa ini," demikian pesan Trump.