Objek wisata ke Gunung Soputan ditutup sementara

id Covid-19,Minahasa,Minahasa Tenggara,Gunung Soputan

Objek wisata ke Gunung Soputan ditutup sementara

Pemerintah Kecamatan Tompaso Barat memasang baliho yang berisi informasi penutupan jalur pendakian dari kecamatan tersebut ke Gunung Soputan, terhitung Jumat (20/3/2020). (Ist)

Tapi melihat kondisi saat ini maka kami harus menutup akses ke lokasi tersebut
Minahasa Tenggara (ANTARA) - Jalur pendakian dan objek wisata Gunung Soputan, dari arah Kabupaten Minahasa, serta Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara ditutup sementara mencegah adanya pendaki dari luar daerah, serta mengantisipasi adanya penyebaran COVID-19.

"Sesuai dengan arahan bupati,  jalur pendakian Gunung Soputan kami tutup sementara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Tenggara Sartje Taogan, di Ratahan,Minahasa Tenggara, Jumat.

Dia mengungkapkan, Gunung Soputan merupakan salah satu objek wisata andalan di Minahasa Tenggara yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Ini merupakan objek wisata yang menjadi andalan kami. Tapi melihat kondisi saat ini maka kami harus menutup akses ke lokasi tersebut," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara David Lalandos mengatakan, seluruh pemerintah desa yang ada di sekitar Gunung Soputan agar memantau kondisi di wilayahnya masing-masing.

"Jika ada pendaki segera diminta untuk turun dan kembali ke daerahnya. Ingatkan juga mereka agar tidak melakukan pendakian sampai ada informasi resmi dari pemerintah," katanya.
Baca juga: Gunung Soputan Meletus

Sementara itu jalur pendakian dari Kecamatan Tompaso Barat telah ditutup oleh pemerintah setempat, menindaklanjuti perintah Bupati Minahasa terkait siaga darurat penanganan bencana non alam (COVID-19).

Pihak pemerintah kecamatan telah memasang baliho pemberitahuan penutupan jalur pendakian, dan menyiagakan posko penjagaan yang melibatkan aparat desa dibantu kepolisian.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar