PLN bantu 20 unit laptop dukung sekolah pariwisata di Pulau Sumba NTT

id PT PLN (Persero) UIW NTT,SMK Pariwisata Bakti Luhur Tambolaka,PLN Peduli,Bantuan laptop

PLN bantu 20 unit laptop dukung sekolah pariwisata di Pulau Sumba NTT

Penyerahan bantuan laptop dengan total sebanyak 20 unit dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur untuk SMK Pariwisata Bakti Luhur Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba. (Foto/Dok. Humas PT PLN (Persero) UIW NTT)

Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyalurkan bantuan fasilitas laptop sebanyak 20 unit untuk mendukung proses pendidikan di SMK Parwisata Bakti Luhur Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba.

"Bantuan ini untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah pariwisata itu karena Pulau Sumba juga salah satu ikon pariwisata di NTT," kata Senior Manager SDM dan Umum PT PLN UIW NTT Lukas Tarigan di Kupang, Sabtu.

Dia mengatakan, bantuan 20 unit laptop tersebut diserahkan bertepatan dengan kegiatan penanaman ribuan anakan pohon di daerah setempat dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) 2019, beberapa waktu lalu.

Lukas menjelaskan, selama ini sekolah pariwisata SMK Bakti Luhur sudah dilengkapi dengan 20 unit komputer, namun empat unit di antaranya dalam kondisi rusak.

Kondisi ini menjadi kendala bagi pihak sekolah, terutama saat pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena para siswa harus menggunakannya secara bergantian.

"Karena itu melalui program PLN Peduli kami bantu 20 unit laptop dengan harapan fasilitas mereka jadi lebih memadai digunakan untuk proses belajar maupun dalam pelaksanaan UNBK," katanya.

Lukas mengatakan, PLN terus berupaya mendukung berbagai sektor pembangunan di NTT, termasuk di daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sedang dikembangkan pemerintah provinsi setempat sebagai sektor penggerak utama perekonomian.

Selain dukungan bantuan fasilitas untuk sekolah di Pulau Sumba, lanjut dia, bantuan serupa disalurkan juga untuk SMP Negeri 3 Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

"NTT dengan potensi pariwisata yang melimpah tentu membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas karena itu sekolah-sekolah yang nantinya mencetak tenaga kerja di bidang ini perlu terus diperkuat," katanya.