ACT Lampung kirim bantuan kepada korban bencana

id ACT Lampung ,Berikan Bantuan ,Korban Karhutla Jambi

ACT Lampung kirim bantuan kepada korban bencana

ACT Lampung mengirimkan satu truk bantuan sembako untuk korban terdampak karhutla di Jambi, Jumat (4/10/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna/(HO))

Bandarlampung (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung mengirimkan bantuan sembako untuk korban bencana berupa satu truk beras untuk masyarakat Provinsi Jambi yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Bantuan yang kami kirimkan ini merupakan amanah dari para dermawan yang dititipkan kepada ACT Lampung untuk segera disalurkan untuk korban terdampak karhutla du Jambi," kata Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni dalam keterangan tertulisnya, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, bahwa pengumpulan beras atau dana kemanusiaan ini dilakukan ACT Lampung selama dua pekan dan berkolaborasi dengan banyak lembaga baik itu pendidikan ataupun organisasi kemasyarakatan Lampung.

Menurut dia, permasalahan yang ditimbulkan akibat bencana karhutla telah menimbulkan berbagai masalah bagi masyarakat di sana seperti kesehatan
pendidikan, lingkungan dan ekonomi yang mulai terganggu.

"Warga terdampak karhutla di Jambi saat ini banyak yang terkena ISPA selain itu mereka juga membutuhkan bahan pokok maka dari itu bersama para dermawan Lampung ini kami memberikan bantuan beras untuk menopang kebutuhan pokok mereka," jelas dia.

Dia mengatakan, walaupun saat ini kondisi aktivitas warga di Jambi mulai berangsur pulih, namun dampak karhutla itu masih dapat dirasakan oleh mereka oleh karena itu bantuan ini diharapkan dapat menjadi pesan semangat bagi masyarakat di sana.

"Dengan tumbuhnya semangat hidup akan mempermudah proses recovery mereka di segala bidang kehidupan," katanya.

Ia mengatakan bahwa semua kantor cabang ACT di Pulau Sumatra bergotong royong mengumpulkan bantuan yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang terdampak karhutla.

"Bantuan ini nantinya akan dibagikan untuk setiap kepala keluarga di sana selain itu ACT juga memberikan layanan medis, makanan siap santap dan dukungan psikososial yang diberikan oleh relawan di sana," kata dia.

Baca juga: IBI Darmajaya dan ACT Lampung galang dana untuk korban Wamena
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar