Jika tak berlayar ke Suriah, Inggris bakal bebaskan tanker Iran

id Tanker Grace 1,Gibrlatar,Marinir Kerajaan Inggris

Sebuah kapal patroli Angkatan Laut Kerajaan Inggris menjaga kapal tanker Grace 1, yang dicurigai membawa minyak mentah Iran ke Suriah, ketika kapal itu berlabuh di perairan wilayah luar negeri Inggris di Gibraltar, Spanyol, (4/7/2019). ANTARA/REUTERS/stringer/aa (ANTARA/Bayu Prasetyo)

London (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan kepada mitranya Iran pada Sabtu bahwa Inggris dapat memfasilitasi pembebasan tanker minyak milik mereka apabila Teheran memberi jaminan tidak akan pergi ke Suriah.

Tanker Grace 1 pekan lalu disita oleh Marinir Kerajaan Inggris di lepas pantai wilayah Gibraltar di Mediterania Inggris lantaran diduga melanggar sanksi terhadap Suriah.

Iran mendesak Inggris agar membebaskan kapal tersebut dan membantah mengirim minyak ke Suriah melanggar sanksi Uni Eropa.

Peristiwa itu memicu ketegangan di Teluk dengan Inggris mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya memperingatkan kapal-kapal Iran yang berupaya menghadang tanker Inggris di wilayah tersebut.



Hunt mengatakan percakapan telepon dengan menteri luar negeri Iran konstruktif dan Mohammad Javad Zarif menjelaskan kepadanya bahwa Iran ingin menyelesaikan isu tersebut dan tidak berupaya meningkatkan ketegangan.

"Saya meyakinkan dia bahwa kekhawatiran kami adalah tujuan bukan dari mana minyak yang dibawa tanker Grace One berasal. Inggris dapat memfasilitasi pembebasan asalkan kami menerima jaminan bahwa kapal itu tidak akan pergi ke Suriah dan mengikuti proses hukum di pengadilan (Gibraltar)," cuit Hunt di Twitter.

Negara-negara Eropa tidak menjatuhkan sanksi untuk Teheran melainkan untuk sekutu Iran, Suriah sejak 2011.
Baca juga: Inggris: Tiga kapal perang Iran coba hadang kapal kami
Baca juga: AS: Kapal Iran 'lecehkan' Inggris di Teluk



Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar