Usia Senja Bukan Penghalang Rebut Emas

id SEA Games

Usia Senja Bukan Penghalang Rebut Emas

Atlet Indonesia Fath Daud Wangka, merebut medali emas pada babak final Ski Air Slalom Terbuka Putra SEA Games XXVI. (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)

Usianya sudah tergolong "senja", yakni  berumur 46 tahun. Namun itu tidak berpengaruh besar bagi Daud Fath Wangka untuk meraih medali emas ski air pada SEA Games XXVI di Danau Jakbaring, Palembang.
        
"Menjaga kondisi badan dan latihan rutin serta disiplin yang tinggi merupakan kunci pretasi dan itu saya prediksikan sebelumnya saat berlatih di Pelatnas SEA Games," ujar Daud.
        
Atlet asal DKI Jakarta itu mampu menyuguhkan prestasi terbaik bagi Merah-Putih.
        
Daud akan terus tampil di ski air hingga memperkuat tim DKI Jakarta di PON XVIII Riau tahun 2012 mendatang.
        
"Setelah itu saya akan turun sebagai pelatih. Tetapi dengan catatan ada atlet junior yang mampu menggantikan posisinya untuk berprestasi bagi Indonesia maupun tim PON DKI," katanya.
        
Daud yang kini memiliki dua anak dan istri itu sudah menyuguhkan tujuh medali emas bagi Indonesia sejak tahun 1983.
         
Prestasi cukup membanggakan itu patut dicontoh para juniornya dalam menggapai prestasi puncak.
         
Di cabang ski air SEA Games, Indonesia cukup merajai, namun kali ini persaingan cukup ketat terutama datang dari Malaysia dan Thailand.
        
"Kekuatan dua negara itu diperhatikan para atlet junior yang nantinya dipersiapkan menuju SEA Games XXVII di Myanmar tahun 2013 mendatang," katanya.
        
Ia mengaku, jika setiap hari berkumpul dan berlatih dengan atlet junior maka perasaannya masih muda sehingga tidak merasa tua untuk berkompetisi.