REI Lampung sebut pembangunan hunian ASN Kota Baru perlu dukungan perizinan

id REI Lampung, perumahan ASN kota baru, kota baru lampung, Pemprov lampung

REI Lampung sebut pembangunan hunian ASN Kota Baru perlu dukungan perizinan

Ketua DPD Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Lampung Urianto Muslimin (baju putih) saat diskusi mengenai pembangunan kawasan hunian ASN di Kota Baru, di Bandarlampung, Senin (7/10/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Kami yakin kalau adanya tujuan baik untuk menyediakan hunian bagi kebutuhan primer masyarakat di kawasan Kota Baru ini, akan cepat terlaksana.
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua DPD Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Lampung Urianto Muslimin mengatakan peran pemerintah daerah dalam memberikan perizinan sangat penting dalam membangun kawasan permukiman di Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan.

"Kami yakin kalau adanya tujuan baik untuk menyediakan hunian bagi kebutuhan primer masyarakat di kawasan Kota Baru ini, akan cepat terlaksana. Sebab tugas kami sebagai developer adalah memperbaiki, dan membangun suatu daerah agar mendukung daya huni dan daya ekonomi di daerah tersebut sehingga membuat Kota Baru menjadi ramai," ujar Urianto Muslimin di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan kemudahan perizinan dalam mengembangkan kawasan hunian di Kota Baru antara lain mencakup kejelasan legalitas tanah, jaminan atas keamanan dan kenyamanan bagi konsumen ke depannya.
 
"Developer dalam hal ini REI, tinggal menunggu rancangan dari pemerintah daerah, di lokasi mana saja akan dibangun dan bentuk bangunannya seperti apa dalam bentuk blueprint kawasan Kota Baru, dan kami siap membangun di sana. Sebab beberapa waktu lalu pun sudah melaksanakan penanaman pohon di Kota Baru untuk mendukung penghijauan," ujar dia.
 
Menurut dia, saat ini pembelian lahan di Kota Baru dan sekitarnya semakin meningkat, diperkirakan ada kenaikan 70 persen dari sebelumnya di 2022.
 
"Developer pun siap menjalankan arahan Pemerintah Provinsi Lampung yang menginginkan lahan hunian ASN melalui skema FLPP bagi PNS golongan tiga ke bawah diberi lahan seluas 150 meter persegi dengan tipe rumah 36 untuk subsidi. Jadi nanti untuk lahan yang di manfaatkan bisa disesuaikan dengan permintaan dari pemerintah daerah," katanya lagi.
 
Menurut dia, dengan kenyamanan yang dirasakan oleh konsumen, maka dapat membantu promosi kawasan hunian di Kota Baru agar semakin berkembang dan maju.
 
"Kawasan ini akan ramai dan berkembang menjadi pusat bisnis, sebenarnya kami sudah menunjang kawasan Kota Baru ini sejak lama sebelum ada rencana pengembangan kembali, sebab di sekitar kawasan ini sudah ada banyak perumahan yang dibangun oleh developer," ujar dia lagi.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan optimisme dari Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) untuk membangun kawasan hunian di Kota Baru dapat meningkatkan kepercayaan berbagai pihak bahwa kawasan pusat pemerintahan di Lampung itu dapat terbangun kembali setelah lama tidak berlanjut.
 
"Dari sisi perizinan serta berbagai hal lainnya tentu akan didukung, dan diharapkan melalui diskusi oleh pemangku kepentingan hari ini akan mempercepat semua proses rencana pengembangan kawasan Kota Baru sebagai Center of Excelent. Lampung sebagai pintu gerbang Sumatera harus berani melakukan lompatan dan memiliki agenda besar, serta harus berani melakukan transformasi untuk meraih berbagai kemajuan," ujar dia lagi.

Baca juga: Pemprov Lampung dukung pembangunan perumahan ASN di wilayah Kota Baru

Baca juga: Pemprov sebut Kota Baru dukung pembentukan Metropolitan Lampung Raya


Baca juga: REI siap kelola 70 hektare hunian ASN di kawasan Kota Baru