Unila turut meriahkan pelaksanaan LKS-SMK tingkat nasional

id lampung, unila, unversitas lampung, universitas,lks

Unila turut meriahkan pelaksanaan LKS-SMK tingkat nasional

Unila turut meriahkan pelaksanaan LKS-SMK tingkat nasional. ANTARA/HO-Unila

Harapannya, perlombaan ini dapat menjadi tempat untuk mencari ide dan bekerja sama, supaya bisa mencapai hasil terbaik di masa depan.

Bandarlampung (ANTARA) - Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional ke-32 sukses digelar pada Selasa, 20 Agustus 2024, di Gedung Serbaguna, (GSG) Universitas Lampung (Unila), di Bandarlampung.

Kegiatan itu dihadiri langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ir. Suharti.

LKS-SMK merupakan kompetisi tahunan antarsiswa kejuruan yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Perlombaan yang setara dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk SMP/SMA ini diikuti 4.000 orang dan 449 SMK dari seluruh Indonesia.

LKS-SMK sendiri mencakup 37 cabang lomba, dengan enam area kategori, yaitu Kelompok Konstruksi, Teknologi Bangunan dan Agribisnis, Kelompok Seni Kreatif dan Fashion, Kelompok Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kelompok Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, Kelompok Pariwisata, Layanan Sosial dan Individual, serta Kelompok Transportasi.

Melalui lomba ini, Suharti berharap, seluruh siswa tidak hanya datang untuk berkompetisi, tetapi juga berkembang. “Harapannya, perlombaan ini dapat menjadi tempat untuk mencari ide dan bekerja sama, supaya bisa mencapai hasil terbaik di masa depan,” ujarnya pula.

Unila mendukung penuh kesuksesan LKS SMK. Dukungan ini dibuktikan dengan Unila mempersilakan GSG sebagai tempat peresmian acara.

Penutupan acara dilakukan dengan sesi foto bersama Rektor Unila, Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Kepala Pusat Prestasi Nasional, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.
Baca juga: Direktur SMK Kemendikbud sebut lulusan SMK dipacu berwirausaha dan bekerja
Baca juga: Kemendikbud sebut LKS SMK siapkan desain besar manajemen talenta nasional