Unilever Indonesia gelar edukasi nutrisi bagi 1.500 santri di Ponpes Roudlatul Quran Metro

id unilever inronesia, royco, bango, ponpes roudlatul quran, nutrisi, santri

Unilever Indonesia gelar edukasi nutrisi bagi 1.500 santri di Ponpes Roudlatul Quran Metro

Unilever Indonesia gelar edukasi nutrisi bagi 1.500 santri di Ponpes Roudlatul Quran Metro (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar kegiatan edukasi nutrisi bagi 1.500 santri dan santri putri di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro Lampung. 

Direktur Nutrition Unilever IndonesiaAmaryllis Esti Wijono, dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud upaya berkelanjutan Bango dan Royco memberikan kebaikan melalui berbagai inovasi dan program, yang bermuara pada komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.khususnya generasi muda  dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang.

 "Program Pesantren persembahan Unilever Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Agama RI telah dimulai sejak 2019, menjangkau lebih dari 2.000 pesantren dan memberikan manfaat bagi lebih dari 900.000 santri/santri putri di Indonesia," katanya.

Menurutnya, program ini salah satunya mengetengahkan berbagai bentuk edukasi yang mendorong lahirnya lebih banyak santri dan santri putri Indonesia yang lebih sehat.

”Kami percaya bahwa pesantren adalah unit pendidikan yang berpotensi besar untuk menjadi komunitas yang efektif dalam membiasakan berbagai perilaku hidup sehat melalui model peer-to-peer learning. 
Interaksi intens antarsantri dan santri perempuan yang belajar dan tinggal di 0esantren menjadi kesempatan yang sangat baik bagi mereka untuk saling mencontohkan dan meniru berbagai perilaku positif, termasuk kebiasaan mengonsumsi menu yang sehat, bergizi seimbang,” sambung Amaryllis.


Siti Rumzanah selaku Pengasuh Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro dan Ketua Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Metro menyatakan, dalam upaya meningkatkan gizi untuk para santri khususnya di Pondok Pesantren Roudlatul Quran, pihaknya mengucapkan  terima kasih kepada Unilever dan panitia penyelenggara, tentunya ini menjadi langkah yang positif supaya para santri dan santri putri bisa mendapatkan pola gizi yang terpenuhi. 

Menurutnya, pola tumbuh kembang anak saat ini memang harus diperhatikan, dengan harapan anak-anak dapat belajar dengan baik dan nyaman di Pondok Pesantren. Dengan adanya beberapa kegiatan ini, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi Pondok Pesantren Roudlotul Quran dan juga keberkahan untuk kita semua.

Edukasi pentingnya sajian Halalan Thayyiban terutama di Bulan Ramadhan  menjadi hal utama yang disampaikan sebagai upaya bersama untuk wujudkan generasi masa depan yang sehat penuh maslahat. 

Seperti diketahui, mengonsumsi makanan yang Halalan Thayyiban adalah salah satu kunci dari kemaslahatan umat. Halalan berarti memenuhi semua persyaratan kehalalan, mulai dari bahan makanan yang digunakan hingga cara pengolahannya, serta Thayyiban yaitu kebaikan dari kandungan gizi seimbang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari – yang tentunya harus diutamakan pula kelezatannya sebagai salah satu unsur penting dari kata Thayyib itu sendiri. 

Terlebih di bulan Ramadan, dimana makanan Halalan Thayyiban menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar agar ibadah berpuasa menjadi lebih khusyuk dan bermakna. Untuk itu, dua brand nutrisi unggulan Unilever Indonesia, Bango dan Royco, melakukan edukasi dan demo masak aneka menu Halalan Thayyiban bergizi seimbang sesuai pedoman “Isi Piringku”, diantaranya menu ayam goreng dan semur telur yang tidak hanya lezat namun juga kaya akan kandungan protein hewani yang mutlak dibutuhkan tubuh saat berpuasa nanti. 

Kegiatan ini melibatkan 30 ibu pengurus Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro Lampung, yang siap menyebarluaskan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada para santri dan satri putri binaannya guna meningkatkan status nutrisi komunitas Pesantren secara keseluruhan.

Bagi Bango, kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye "Sajikan Kehangatan Ramadan Dengan Lezatnya Semur Bango", dimana aneka hidangan semur bernutrisi yang disajikan menggunakan kecap Bango akan mempererat momen-momen kebersamaan yang sangat lekat dengan suasana Pesantren di bulan Ramadhan, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Sementara bagi Royco, kegiatan ini menjadi kelanjutan dari Program Royco Nutrimenu Pesantren yang terlaksana sejak 2019, berupa edukasi peer-to-peer dan gerakan 21 hari untuk pembiasaan menyajikan dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yang terdiri dari edukasi gizi seimbang sesuai panduan ”Isi Piringku” dari Kementerian Kesehatan RI serta inspirasi resep bergizi seimbang ala Royco Nutrimenu. 

Tahun ini, Program Royco Nutrimenu Pesantren mendapatkan dukungan penuh dari NU Care-LAZISNU berdasarkan persamaan misi untuk mengedepankan edukasi gizi pada generasi muda, khususnya para santri putri, agar kelak mereka menjadi ibu yang sehat, cerdas, dan mampu meningkatkan kesehatan diri dan keluarganya nanti.