Pemkab Lampung Barat pastikan stok pangan cukup antisipasi El Nino

id Lampung Barat ,Pastikan ketersediaan bahan pokok ,Aman antisipasi El Nino

Pemkab Lampung Barat pastikan stok pangan cukup antisipasi El Nino

Ilustrasi - Ketersediaan sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Lampung. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat, Provinsi Lampung memastikan bahwa stok kebutuhan pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan warga selama menghadapi fenomena El Nino di daerahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lampung Barat Maidar dalam keterangannya, di Liwa, Senin, menjelaskan, mengingat dari bulan Agustus sampai dengan September tahun 2023 mendatang dampak El Nino diperkirakan terbilang ekstrem, sehingga perlu diantisipasi dengan baik.

"Diperkirakan puncak El Nino akan terjadi pada bulan Agustus hingga September mendatang," kata Maidar.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan rekapitulasi data ketersediaan maupun kebutuhan bahan pokok masyarakat Lampung Barat sampai dengan bulan September mendatang.

Ia menjelaskan pula bahwa terdapat 12 jenis komoditas pangan pokok yang berada dalam pemantauan Kabupaten Lampung Barat. 
 
"Terdapat 12 komoditas yang kami rekap mulai dari beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng, dan kedelai," kata dia lagi.

Oleh karena itu, katanya pula, berdasarkan data rekap sejumlah komoditas yang berada di wilayah tersebut, pihaknya memastikan untuk ketersediaan stok terbilang aman.

"Jadi rekapan, stok pangan terhadap 12 komoditas tersebut dari bulan Agustus hingga September mendatang relatif aman," katanya pula.

Menanggapi hal tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sugeng Raharjo mengingatkan kepada seluruh jajarannya, kendati berdasarkan hasil rekapan ketersediaan bahan pokok di Lampung Barat relatif aman dalam menghadapi El Nino, namun dirinya meminta agar dinas terkait ke depannya tetap terus memantau.

"Kepada dinas-dinas terkait saya minta supaya terus dipantau, seperti Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskoprindag) dipantau terkait ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar," kata Sugeng Raharjo.

Dia menekankan kepada pemkab jangan sampai masyarakat merasa khawatir terhadap ketersediaan bahan pokok di Lampung Barat.

Ia menyampaikan, Pemkab Lampung Barat akan terus berkomitmen dalam memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat untuk mengantisipasi dampak El Nino.