Gubernur Arinal : Aglomerasi antar daerah percepat pembangunan

id Pemprov Lampung, aglomerasi antar daerah, pertumbuhan ekonomi,kerjasama antar daerah

Gubernur Arinal : Aglomerasi antar daerah percepat pembangunan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan di acara seminar nasional Masyarakat Profesional (Maspro). Bandarlampung, Jumat (5/8/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa adanya aglomerasi antar daerah dapat mempercepat pembangunan.

"Percepatan pembangunan di wilayah Sumatera Bagian Selatan sangat dibutuhkan, sehingga perlu sinergisitas antar daerah," ujar Arinal Djunaidi dalam seminar nasional Masyarakat Profesional (Maspro) Sumbagsel, di Bandarlampung, Jumat.

Dia menjelaskan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi perlu pula dilakukan aglomerasi antar daerah untuk mempercepat pembangunan.

"Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi perlu aglomerasi antar daerah. Namun ini bisa terbentuk kalau pembangunan infrastruktur termasuk konektivitas dipercepat, jadi pertumbuhan ekonomi daerah di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) bisa terjadi," kata dia.

Ia mengatakan, dalam mewujudkan aglomerasi dan konektivitas antar daerah, Provinsi Lampung telah menjalin sejumlah kerjasama antar provinsi.

"Lampung sudah memulai komunikasi dan kerjasama dengan provinsi lain, seperti Bangka Beliung dan Kepulauan Riau semoga ini memacu ekonomi di Lampung dan kedua daerah, serta daerah lain bisa mencoba hal serupa," ucapnya.

Menurut dia, kerjasama antar daerah yang saat ini tengah dilakukan oleh Pemerintah Lampung berkaitan dengan pemenuhan bahan pangan.

"Untuk kerjasama ini diawali dengan penyediaan pangan, kebetulan Lampung merupakan penghasil pangan salah satunya beras dengan jumlah produksi sampai 2,8 juta ton dan kebutuhan kita hanya 2,2 juta ton sehingga sisanya bisa dibagikan ke daerah lain yang membutuhkan," tambahnya.

Dia mengatakan, dengan adanya konektivitas antar daerah salah satunya melalui pembangunan infrastruktur jalan tol serta pelabuhan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

"Kita bersyukur Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terbangun, pelabuhan ada sehingga untuk mengirimkan komoditi antar daerah semakin mudah," kata dai.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022