Jet tempur Turki hantam target milisi Kurdi di Irak dan Suriah

id Turki,pesawat tempur,Kurdi,Irak,Suriah

Jet tempur Turki hantam target milisi Kurdi di Irak dan Suriah

Arsip - Pejuang wanita Kurdi dari Unit Perlindungan Wanita menjalani pelatihan militer di dekat kota Qamishli, Suriah, Mei 2014. (ANTARA/Reuters/Massoud Mohammed/as)

Istanbul (ANTARA) - Pesawat-pesawat tempur Turki menghantam target milisi Kurdi, termasuk kamp pelatihan, tempat penampungan, dan gudang amunisi di Irak dan Suriah utara, menurut Kementerian Pertahanan Turki, Rabu.

Seluruh pesawat dalam operasi tersebut, yang disebut membidik daerah Derik, Sincar dan Karacak, kemudian kembali ke pangkalan mereka.

Kementerian tidak memberikan informasi tentang jumlah korban dalam serangan itu.

“Penampungan teroris, goa, terowongan, depo amunisi dan apa yang disebut dengan markas besar dan kamp pelatihan menjadi sasaran,” kata kementerian tanpa merinci kapan tepatnya serangan itu terjadi.

Kemenhan mengatakan operasi udara mereka menyasar milisi Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang memiliki pangkalan di Irak serta milisi YPG Kurdi Suriah yang keduanya dianggap sebagai kelompok teroris oleh Turki.

Pesawat tempur Turki di masa lalu telah melakukan serangan-serangan udara serupa.

PKK mengangkat senjata melawan pemerintahan Turki pada 1984. Lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam konflik itu, yang saat itu lebih banyak terjadi di Turki tenggara.

Sumber: Reuters