YKSW dan SNV gelar workshop pentingnya layanan fasilitas sanitasi di Puskesmas

id Sanitasi

YKSW dan SNV gelar workshop pentingnya layanan fasilitas sanitasi di Puskesmas

Workshop peningkatan kualitas dan layanan fasilitas air sanitasi dan kebersihan di Puskesmas yang dilaksanakan YKWS dan SNV berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Metro. (Antaralampung.com/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Sebanyak dua puluh orang perwakilan kelompok masyarakat di Kota Metro mengikuti workshop penyusunan indikator peningkatan kualitas dan layanan fasilitas air sanitasi dan kebersihan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang dilaksanakan oleh Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan SNV berkolaborasi dengan Pemkot Metro melalui Dinas Kesehatan. 

Workshop dilaksanakan di Aidia Grande Hotel ini, diselenggarakan selama tiga hari dimulai pada Kamis (21/10) hingga Sabtu (23/10) dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.  

Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan program WASH in HCF (water sanitation and higiene in health care facilities) di Kota Metro. 

"Kegiatan workshop ini bertujuan untuk membuka pemahaman dan meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat dan tenaga kesehatan dari puskesmas yang tergabung dalam Pokja WASH di Kota Metro tentang pentingnya peningkatan layanan fasilitas air sanitasi dan kebersihan di Puskesmas yang inklusif, yang bisa diakses oleh siapapun, sebagaimana mandat dalam tujuan pembangunan berkelanjutan," katanya. 

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Metro, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Sri Mintarti dalam sambutanya mengatakan, Puskesmas merupakan garda terdepan tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Keberadaan puskesmas perlu mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat dan para pihak lainnya dalam menjaga dan meningkatkan layanan dan fasilitas.

"Peran serta masyarakat sangat diperlukan agar pelayanan dan fasilitas di puskesmas selalu prima, khususnya dalam peningkatan layanan fasilitas air sanitasi dan kebersihan, masyarakat diharapkan bukan hanya sebagai pengguna layanan tetapi juga harus berperan dalam upaya menjaga dan memelihara serta turut serta meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas," ucapnya. 

Narasumber dalam workshop ini berasal dari World Health Organization (WHO) Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, SNV dan YKWS. Pada hari pertama, peserta diberikan materi pengenalan WASH FIT untuk mengukur ke berapa layanan dan fasilitas air sanitasi dan kebersihan di fasilitas kesehatan oleh narasumber dari SNV dan WHO Indonesia.

Indah Deviyanti selaku National  Officer for Environmental Health WHO Indonesia menyampaikan, akses ke layanan WASH mendasar di fasilitas kesehatan masih buruk. Selain itu penyediaan layanan WASH di fasilitas kesehatan seperti puskesmas di Indonesia juga belum semua mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas.

"Jangan menyebut fasilitas pelayanan kesehatan jika tidak tersedia air sanitasi dan higiene, WASH sangat penting untuk melindungi kesehatan manusia selama wabah penyakit menular seperti Covid-19, Diare dan lainnya, penyediaan WASH  tentunya juga harus dapat diakses oleh siapapun di seluruh fasilitas kesehatan," tutur Devi.

Devi juga menambahkan perlu peran serta masyarakat untuk memberikan masukan kepada penyelenggara layanan dalam peningkatan fasilitas dan kualitas layanan WASH di fasilitas kesehatan. 

"WASH Fit bisa bersama-sama digunakan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat yang tergabung dalam team untuk mendapatkan gambaran penyediaan fasilitas, sehingga hasilnya bisa menjadi dasar dalam peningkatan kualitas layanan dan fasilitas," imbuhnya.