Study Banding Kota Sehat, Wali Kota Bukittinggi kunjungi Pringsewu

id lampung, pringsewu

Study Banding Kota Sehat, Wali Kota Bukittinggi kunjungi Pringsewu

Study Banding Kota Sehat, Walikota Bukittinggi kunjungi pringsewu (Antaralampung/Doc Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pringsewu di sejumlah bidang rupanya menarik perhatian pemerintah daerah lain untuk melakukan stud banding. Salah satu keberhasilan Pringsewu yakni dengan mendapat predikat Kabupaten Sehat dengan diraihnya penghargaan Swasti Saba Padapa beberapa waktu lalu. Hal tersebut membuat Pemerintah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pringsewu.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi Fiona Safar beserta jajaran Pemkot Bukittinggi disambut dan diterima langsung oleh Bupati Pringsewu Sujadi dan Ketua Forum Kabupaten Pringsewu Sehat Nurrohmah Sujadi di Kantor Bupati Pringsewu, beberapa waktu lalu.

Menurut Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, kedatangannya ke Kabupaten Pringsewu adalah untuk melakukan kaji banding pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat dan Kesehatan Lingkungan di Kabupaten Pringsewu.

“Kami ingin mengetahui dan mempelajari strategi apa saja yang dilakukan Pemkab Pringsewu guna mewujudkan Kota atau Kabupaten Sehat, kemudian bagaimana implementasinya. Serta bagaimana upaya merubah perilaku masyarakat agar menyadari pentingnya hidup sehat,”katanya.

Bupati Pringsewu Sujadi menjelaskan, beberapa komponen sanitasi total yang dijalankan Pemkab Pringsewu untuk menjamin keberlanjutan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, yakni dengan penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan sanitasi dan peningkatan penyediaan sanitasi.

“Upaya yang dilakukan, diantaranya yakni dengan jihad sanitasi, gebrak ODF, satgas ODF, tentara jamban, polisi sanitasi, ustadz jamban, shalawat STBM, paguyuban Jamban Sewu dan program Genosida atau Gerakan One House One Losida,” jelasnya.

Pada kunjungannya Walikota Bukittinggi dan Ketua Forum Kota Sehat serta jajaran Pemkot Bukittinggi berkesempatan meninjau Bank Sampah TPS3R Jejama Secancanan, Tugu ODF, serta sejumlah lokasi lainnya.