Ciptakan puskesmas inklusif bagi masyarakat, Pemkot Metro mulai Program Wash in HCF

id WASH in HCF,YKWS, Pemkot Metro,sanitasi metro

Ciptakan puskesmas inklusif bagi masyarakat, Pemkot Metro mulai Program Wash in HCF

Program Wash in HCF yang berlangsung di ruang rapat rumah dinas wali kota Metro, Rabu (14/7/2021).  ANTARALampung/HO-YKWS

Program WASH in HCF ini mendukung misi ke-2, yaitu Waras atau mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani, dan sosial di Kota Metro
Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berkolaborasi dengan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) memulai Program Air, Sanitasi dan Kebersihan di Fasilitas Kesehatan (Water Sanitation and Hygiene in Health Care Facilities/WASH in HCF).

Program Wash in HCF di Kota Metro, Provinsi Lampung itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Metro dr Wahdi SpOG (K) di ruang rapat rumah dinas wali kota Metro, Rabu.

Kegiatan dilakukan menggunakan dua pola, yaitu secara virtual dan pertemuan terbatas di ruangan rapat rumah dinas dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Sekitar 100 orang peserta mengikuti kick off program secara online dan offline yang berasal dari forum disabilitas, akademisi, anggota DPRD Kota Metro, tim penggerak PKK, NGO, organisasi keagamaan, kelompok perempuan, kader kota sehat, jurnalis, dan mahasiswa.

Wahdi mengatakan, dirinya apresiatif dengan Program WASH in HCF yang dilakukan secara kolaboratif. Program ini sejalan dengan visi dan misi Pemkot Metro periode 2021-2024.

"Program WASH in HCF ini mendukung misi ke-2, yaitu Waras atau mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani, dan sosial di Kota Metro, dan yang terpenting bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pelayanan yang prima dan inklusif dari Puskesmas," ujar Wahdi.

Wali Kota Metro juga mengharapkan dengan adanya Program WASH in HCF bisa menjadikan Kota Metro sebagai center of excellence untuk pelayanan kesehatan yang inklusif di Provinsi Lampung dan Indonesia.

Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati menjelaskan, Program WASH in HCF merupakan kolaborasi antara YKWS dengan Pemerintah Kota Metro yang disupport oleh SIMAVI dan SNV Belanda. 

"Tujuan Program WASH in HCF adalah untuk meningkatkan penyediaan layanan dan infrastruktur air, sanitasi dan kebersihan di fasilitas kesehatan (puskesmas) yang inklusif, yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat khususnya kelompok rentan, seperti penyandang disabilitas, lansia maupun anak-anak. Lokasi puskemas yang menjadi lokus Program WASH in HCF di Kota Metro yaitu Puskesmas Mulyojati Kecamatan Metro Barat, Puskesmas Margorejo Kecamatan Metro Selatan, Puskesmas Iringmulyo Kecamatan Metro Timur, dan Puskesmas Banjarsari Kecamatan Metro Utara," kata Febrilia.

Ia menambahkan, pelaksanaan Program WASH In HCF  juga bagian dari upaya untuk mewujudkan tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) khususnya pada poin enam. Selain itu, Program WASH in HCF yang diselenggarakan di Kota Metro dan Kota Bandarlampung merupakan pilot project di Indonesia.

“Program WASH in HCF menjadi pilot project di Indonesia, program ini akan berlangsung selama delapan belas bulan, dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dan jurnalis dalam peningkatan layanan, kami juga akan mendorong agar pembelajaran baik dari pelaksanaan program bisa direplikasikan di seluruh puskesmas di Indonesia, dengan upaya advokasi di Kementerian Kesehatan," katanya pula.
Baca juga: Kota Metro Lampung siap atasi masalah sanitasi buruk