Pemprov Lampung persiapkan vaksinasi bagi kepala daerah pekan depan

id Corona Lampung,COVID Lampung, vaksin lampung

Pemprov Lampung persiapkan vaksinasi bagi kepala daerah pekan depan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana saat memberikan keterangan. Bandarlampung, Selasa 5/1/2021 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi bagi kepala daerah pada pekan depan.

"Tadi sudah melakukan rapat secara daring dengan pemerintah pusat, dan di infokan pada tanggal 14 hingga 15 Januari 2021 akan dilaksanakan vaksinasi di 34 Provinsi," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penangan COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi pada 14 hingga 15 Januari akan dilakukan bagi kepala daerah atau wakil kepala daerah, tokoh agama, sekertaris daerah, Ketua DPRD, Forkopimda, direktur rumah sakit rujukan COVID-19 serta kepala dinas kesehatan.

"Kita diminta untuk menyiapkan 10 hingga 20 nama untuk dilakukan vaksinasi pada pekan depan bila kepala daerah berusia lebih dari 60 tahun maka akan digantikan oleh wakil kepala daerah, dan semua akan di kirimkan ke Sekertaris Jendral Kementerian Dalam Negeri," ucapnya.

Ia menjelaskan vaksinasi tersebut menjadi salah satu upaya untuk memberikan kepercayaan akan keamanan vaksin kepada masyarakat.

"Pada tanggal 13 Januari 2021 Presiden akan melakukan vaksinasi nasional dimana jajaran menteri serta kepala negara akan melakukan vaksinasi terlebih dahulu, dan selanjutnya kepala daerah pada 14 hingga 15 Januari namun kita masih menunggu keluarnya izin darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM," ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua Posko Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung.

"Kita sedang mengajukan nama - nama yang akan dilakukan vaksinasi dan nanti akan di berikan kepada Gubernur," ujarnya.

Menurutnya, bila memungkinkan vaksinasi akan dilakukan di Posko Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Lampung.

"Saat ini memang tengah mempersiapkan nama yang akan di vaksin, sembari menunggu informasi selanjutnya dari pemerintah pusat, dan mungkin nanti akan dilakukan di Posko COVID-19 Provinsi Lampung agar dapat disaksikan," katanya lagi.