HK: Gunakan tongkat bantuan saat tapping di pintu tol antisipasi COVID-19

id Antisipasi Covid-19 ,Hutama Karya sarankan ,tapping di gate tol gunakan tongkat E-Tol

HK: Gunakan tongkat bantuan saat tapping di pintu tol antisipasi COVID-19

PT Hutama Karya (HK) cabang Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung melakukan edukasi bersama tim kesehatan guna antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan kantor dan jalan tol. (Antaranews Lampung/Ardiansyah)

Ya kalau bisa pakai, pengguna jalan tol menggunakan tongkat e-toll untuk mempermudah pengguna jalan, dan ini sebagai pencegahan agar tidak perlu melalui petugas untuk menempelkan kartu, katanya 
Bandar Lampung (ANTARA) - PT. Hutama Karya (HK) Cabang Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung melakukan antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di lingkungan kantor dan jalan tol, salah satunya menyarankan pengguna jalan tol untuk menggunakan tongkat bantuan saat melakukan tapping e-toll di pintu masuk dan keluar tol.

Kepala Cabang Hutama Karya (HK) Ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung Yoni Satyo, Selasa mengatakan, upaya ini sebagai langkah pencegahan, tak hanya dilakukan di lingkungan kantornya, namun juga masyarakat penggunaan layanan tol. 

"Memang jalan tol kan bergerak di bisnis layanan, apapun harus buka, harus melayani. Maka kami konsultasi dengan petugas medis dan sesuai arahan pusat perlu tindakan pencegahan dan tindaklanjuti mengenai virus corona. Kami mengupayakan karyawan dan petugas tetap bersih mulai cuci tangan dan jaga lingkungan," ujar Yoni. 

Baca juga: BPJS Kesehatan terapkan kebijakan khusus antisipasi penyebaran virus corona

Ia menyarankan kepada pengguna jalan tol untuk menggunakan tongkat bantuan untuk tapping e-toll sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. 

"Ya kalau bisa pakai, pengguna jalan tol menggunakan tongkat e-toll untuk mempermudah pengguna jalan, dan ini sebagai pencegahan agar tidak perlu melalui petugas untuk menempelkan kartu," katanya. 

Pihak HK juga menyiapkan hand sanitizer di semua kantor dan gerbang tol untuk pencegahan pada masyarakat. Bahkan di tengah susahnya mencari hand sanitizer, desinfektan dan masker ini, Yoni Satyo bahkan mengajak pegawainya untuk membuat sendiri dengan bahan yang ada di pasaran.

"Hand sanitizer, desinfektan dan masker ini sekarang susah didapat, dan kami bergotong royong membuat sendiri hand sanitizer, desinfektan dengan bahan yang ada di pasaran," pungkasnya. 

Baca juga: Polda Lampung siap bantu tanggulangi penyebaran COVID-19

Sementara melalui rilisnya, Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan, pihaknya menmperketat akses keluar-masuk gedung dengan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh pegawai maupun tamu tanpa terkecuali minimal dua kali sehari. 

Perusahaan telah meminta seluruh kepala cabang HK setiap ruas jalan tol untuk memastikan area kerja kondusif dan sosialisasi pencegahan COVID-19 dapat dilakukan dengan masif di kantor cabang tol maupun di gerbang tol. Seperti halnya di ruas tol JORR-S dan ATP, seluruh petugas tol wajib melakukan pemeriksaan tensi dan suhu badan setiap pergantian shift.

Selain itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin baik di kantor cabang hingga gerbang tol. Seluruh gerbang tol juga telah dilengkapi dengan hand sanitizer yang memudahkan petugas untuk rutin menjaga kebersihan tangan setelah melayani pengguna tol.

Baca juga: Seluruh armada Damri tetap beroperasi

Di Sumatera, penanganan serupa juga telah diimplementasikan di seluruh ruas JTTS yang dioperasikan oleh Hutama Karya mulai dari tol Medan-Binjai, tol Palembang – Indralaya, tol Terbanggi Besar-Pematangpanggang-KayuAgung (Terpeka), dan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). 

Seluruh petugas di tol Bakauheni-Terbanggibesar telah diberikan sosialisasi mengenai penyebaran COVID-19 oleh petugas medis dari Rumah Sakit Natar Medika yang diikuti dengan pengecekan suhu dan pemeriksaan tensi. Begitu pula di ruas tol Terpeka, setiap petugas jalan tol serta tamu yang mengunjungi kantor cabang wajib mencuci tangan serta dilakukan pengecekan dengan thermometer infrared serta mencatat seluruh daftar tamu yang keluar masuk.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar