Minimnya promosi membuat kunjungan wisatawan ke Gunung Padang menurun

id cianjur,gunung padang, minim promosi

Minimnya promosi membuat kunjungan wisatawan ke Gunung Padang menurun

Pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana penunjang dibangun uintuk meningkatkan angka kunjungan ke Situs Meghalit Gunung Padang di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat, dinilai tidak ditunjang dengan promosi yang menyebabkan anghka kunjungan terus menurun (Antara/Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Tingkat kunjungan wisatawan ke Situs Megalitikum Gunung Padang di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat menurun hingga 50 persen sepanjang tahun 2019 menyusul minimnya promosi. 

"Angka kunjungan terus menurun sejak dua tahun terakhir, hingga bulan Oktober tercatat hanya 30 ribu orang yang datang ke Gunung Padang. tahun sebelumnya mencapai 60 orang," kata Nanang Koordinator juru pelihara BPCB Banten pada wartawan Minggu.

Kurangnya promosi dinilai menjadi penyebab minimnya pengunjung yang datang ke situs tertua di dunia tersebut, baik oleh pemkab, pemprov dan pusat, sehingga promosi harus dilakukan di berbagai media atau pameran.

Baca juga: Tingkat kunjungan wisatawan ke Waduk Jangari turun hingga 30 persen

"Promosi Gunung Padang sudah jarang dilakukan termasuk penayangan di media cetak dan elektronik. Harapan kami ini menjadi bahan bagi pemangku kebijakan terkait promosi untuk meningkatkan angka kunjungan," katanya.

Tercatat sepanjang bulan Oktober hanya 3.100 pengunjung yang datang, sedangkan tahun sebelumnya pada bulan yang sama angka kunjungan mencapai 7 ribu orang wisatawan lokal hingga macanegara.

Meskipun tutur dia, saat ini, sarana dan prasarana penunjang termasuk infrastruktur jalan menuju situs sudah diperbaiki, belum berdampak terhadap angka kunjungan yang justru menurun.

"Harapan kami promosi tentang Gunung Padang dapat kembali digiatkan berbagai pihak dari pusat hingga daerah seperti promosi yang dilakukan untuk tempat wisata serupa di Jateng yang selalu muncul diberbagai tempat," katanya.

Baca juga: Kunjungan ke Kebun Raya Cibodas sepanjang tahun capai 619.843

"Tingkat kunjungan setiap tahunnya terus mengalami penurunan, semua pihak terkait terutama pemerintah untuk segera melakukan sejumlah upaya agar tingkat kunjungan kembali meningkat," katanya.