Ratuasan rumah di Pesawaran terendam banjir

id banjir, pesawaran

Ratuasan rumah di Pesawaran terendam banjir

Warga membersihkan lumpur di rumahnya akibat terbawa banjir bandang. (antaralampung/HO)

Pemerintah diharapkan dapat mengatasi persoalan banjir ini, karena bila ini terus dibiarkan banjir seperti ini masih akan terus terjadi


Bandarlampung,  (Antaranews Lampung) -  Hujan deras yang mengguyur sejak sabtu sore  hingga malam menyebabkan Sungai Padang Ratu meluap dan mengakibatkan ratusan rumah di Dusun Sindanggarut, Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung terendam hingga ketinggian setengah meter lebih atau sepinggang orang dewasa. 

“Banjir bandang ini diakibatkan meluapnya Sungai Padang Ratu dan mengakibatkan ratusan rumah di empat dusun terendam banjir. Untungnya tidak ada sampai memakan korban,” ujar Nasiman, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) kecamatan Waylima, saat dihubungi dari Bandarlampung, Minggu. 

Ia menjelaskan, banjir ini terjadi pada pukul 23.30  WIB dan pukul 05.00 WIB air sudah mulai surut, dan warga yang terdampak mulai membersihkan puing-puing sisa banjir tersebut. 

“Banjir bandang tersebut datang secara tiba-tiba, karena sungai tidak dapat menampung jumlah debit air yang semakin deras,” katanya. 

Nasiman menjelaskan, pagi ini warga bergotong royong untuk membersihkan selokan dan sampah yang diakibatkan banjir bandang itu. 

Ia menyatakan warga sangat mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pesawaran segera memberikan bantuan kepada warga korban banjir.

“Pemerintah diharapkan dapat mengatasi persoalan banjir ini, karena bila ini terus dibiarkan banjir seperti ini masih akan terus terjadi,” katanya.

       Ia juga meminta kepada tim dinas terkait yang menangani banjir dan dampaknya agar menyebar ke daerah - daerah yang terkena banjir akibat luapan air tadi malam.*