Aprilani Yustin Ajak Tanamkan Minat Baca Anak

id Smalan, Perpisahan Siswa SMAN 9 Bandarlampung, Drs Suharto MIP

Aprilani Yustin Ajak Tanamkan Minat Baca Anak

Duta Baca Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo

Bandarlampung, 24/4 (Antaranews Lampung) - Duta Baca Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo tak bosan-bosannya terus mengingatkan seluruh orang tua agar menanamkan minat baca pada anak dengan cara membaca buku minimal 15 sampai 30 menit sehari.

Menurut Yustin, saat menghadiri acara Lomba Mewarnai Anak Tahun 2018, di Mal Bumi Kedaton (MBK) Bandarlampung, Selasa (24/4), dalam rangka kegiatan Gebyar IGTKI se-Kecamatan Kemiling, Kota Bandarlampung, dan Hari Kartini serta Hardiknas, minat baca terkait dengan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia.

Ia menyatakan, pada era kepemimpinan M Ridho Ficardo sebagai Gubernur Lampung, berupaya terus menggerakkan Program Gerakan Lampung Membaca, untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia Lampung yang cerdas dan berkualitas, hingga mengarah ke desa bahkan pelosok wilayah.

"Pak Ridho pernah berpesan bahwa hakikat dari pembangunan indonesia adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya, dan Gerakan Lampung Membaca adalah salah satu investasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas pendidikan di Lampung," ujar Yustin pula.

Dia menegaskan, untuk menumbuhkan minat baca itu harus dibiasakan dan harus diusahakan. Karena itulah orang tua wajib mengikuti pola perkembangan, potensi, hingga memotivasi, serta mendidik anak di tengah arus globalisasi yang kian hari semakin pesat.

Menurut istri Gubernur Lampung (nonaktif) M Ridho Ficardo ini, jika anak-anak diibaratkan sebagai bibit, maka peran orang tua bukan hanya menyiram. Namun dibutuhkan tanggung jawab untuk membantu bibit tersebut tumbuh dengan baik

Yustin juga mengatakan, dalam proses menumbuhkan, kita dapat mengikuti perkembangannya serta tahu bagaimana memperlakukannya dengan tepat pada setiap fase, dari mulai biji, batang, daun, hingga berbuah.

"Kita semua sepakat satu hati satu tekad, yaitu memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita," ujar Yustin lagi.

"Anak-anak akan tumbuh sesuai potensi yang mereka miliki, tugas kita sebagai orang tua adalah menumbuhkan motivasi dan tahu cara menyiapkannya," katanya lagi.

Dalam kegiatan itu, Aprilani Yustin Ficardo menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Mewarnai Anak 2018 yang diselenggarakan oleh IGTKI Kecamatan Kemiling.

Selain disertai dengan kegiatan mewarnai, acara ini juga diisi dengan mendongeng, bertujuan agar anak-anak penerus masa depan Provinsi Lampung, bisa meningkatkan imajinasi dengan minat membaca terutama bahan bacaan yang berkualitas dan memberi manfaat. (Rilis bb)