Melalui Gertas, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel berdayakan Warga Binaan Perempuan LPP Palembang

id pertamina, wbp, sdg's, sayuran

Melalui Gertas, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel berdayakan Warga Binaan Perempuan LPP Palembang

Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melalui Integrated Terminal Palembang melakukan program Gerakan Wanita Tanam Sayuran (Gertas) terhadap penerima manfaat warga binaan perempuan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Palembang (LPP) Kelas II A Kota Palembang. (ANTARA/HO-Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel/2022) (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melalui Integrated Terminal Palembang melakukan program Gerakan Wanita Tanam Sayuran (Gertas) terhadap penerima manfaat warga binaan perempuan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Palembang (LPP) Kelas II A Kota Palembang.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel - Integrated Terminal Palembang telah membina WBP melalui Program Gertas selama dua tahun yaitu sejak Tahun 2020 sehingga saat ini WBP lebih percaya diri dan tidak hanya mampu membudidayakan hidroponik dan mengolah produk olahan sayuran, namun juga mampu mengajarkan budi daya hidroponik kepada tamu-tamu yang berkunjung ke kebun hidroponik LPP Kelas II A Kota Palembang dan Le Panile Bakery.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan di Palembang, Senin, mengatakan program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada para warga binaan selama berada di lapas sehingga saat mereka keluar telah memiliki ketrampilan yang dapat dikembangkan dan menjadi salah satu peluang usaha bagi mereka.

"Program Gerakan Wanita Tanam Sayuran ini memiliki fokus pada budi daya sayuran hidroponik dan produk olahannya. Melalui program ini, sebanyak 15 orang  warga binaan telah memiliki kemampuan budi daya sayuran hidroponik. Dari hasil budidaya hidroponik, para WBP berhasil menyulap sayuran hidroponik menjadi biskuit sayuran melalui Le Panile Bakery," ujar Nikho.
 
Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melalui Integrated Terminal Palembang melakukan program Gerakan Wanita Tanam Sayuran (Gertas) terhadap penerima manfaat warga binaan perempuan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Palembang (LPP) Kelas II A Kota Palembang. (ANTARA/HO-Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel/2022)

Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pertamina terhadap para perempuan khusus para warga binaan perempuan. Bantuan yang diberikan yaitu instalasi hidroponik, sarana dan prasarana bakery, serta pelatihan-pelatihan. Melalui slogan program ini yaitu wanita berdaya, masyarakat sejahtera.  Diharapkan kaum perempuan juga dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga.

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, pasti memiliki langkah yang perlu dipertanggungjawabkan. Salah satunya dengan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan perusahaan kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan. Hal ini tentunya juga dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel.

Apabila mengacu pada Sustainable Development Goals (SDG’s) program Gertas mendukung tujuan ke-2 pada indikator ke 2.4.1 yaitu mendukung dalam penetapan kawasan pertanian berkelanjutan.

Dengan adanya program ini, diharapakan para WBP lebih percaya diri saat bersosialisasi dengan masyarakat luas ketika keluar dari LPP Kelas II A Kota Palembang dan menjadi peluang usaha sehingga mereka tidak terjerumus lagi dalam lingkaran kriminalitas.