Joel Embiid ikuti jejak Shaquille O'Neal meraih gelar top skor NBA

id nba,joel embiid,top skor nba,shaquille oneal,philadelphia 76ers,sixers

Joel Embiid ikuti jejak Shaquille O'Neal meraih gelar top skor NBA

Reaksi bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid saat menyaksikan rekan-rekannya menghadapi Detroit Pistons dalam pertandingan pemungkas musim reguler NBA 2021/22 di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Amerika Serikat, Minggu (10/4/2022) waktu setempat. (ANTARA/AFP/GETTY IMAGES/Mitchell Leff)

Jakarta (ANTARA) - Bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid mengikuti jejak legenda NBA Shaquille O'Neal sebagai pemain center yang berhasil meraih gelar top skor musim 2021/22.

Gelar itu didapatkan Embiid bahkan sebelum pertandingan pemungkas musim reguler Sixers dimainkan, sebab pesaing terdekatnya Giannis Antetokounmpo dipastikan absen dari gim melawan Cleveland Cavaliers pada Senin pagi tadi, demikian dikutip dari situs resmi NBA.

Embiid menorehkan rata-rata 30,6 poin per gim untuk menjadi center pertama setelah O'Neal yang menyabet gelar top skor, tetapi melampaui legenda NBA itu yang meraih gelar serupa dengan 29,7 poin per gim pada 1999/2000.

Selain itu, Embiid juga membukukan rekor sebagai center pertama yang mampu melampaui raihan 30 poin per gim dalam semusim setelah Moses Malone yang memiliki rata-rata 31,1 poin per gim yang sayangnya hanya cukup menjadi runner-up top skor NBA 1981/82 di belakang pebasket San Antonio Spurs George Gervin.

Embiid pada akhirnya juga absen dari gim pemungkas Sixers yang mengalahkan Detroit Pistons 118-106 di Wells Fargo Center, Senin pagi tadi.

Kendati demikian, pebasket berusia 28 tahun asal Kamerun itu secara praktis telah mengunci gelar top skor lewat penampilan gemilangnya dalam empat pertandingan terakhir sepekan.

Embiid mencetak 44 poin saat Sixers di Cleveland Cavaliers pada 3 April, 45 poin di Indiana Pacers (5 April), 30 poin di Toronto Raptors (7 April), dan 41 poin saat menjamu Pacers (9 April).

Secara keseluruhan juga Embiid jadi pemain yang paling sering mencetak 40 poin atau lebih sepanjang musim reguler NBA 2021/22 yakni sebanyak 13 kali di atas Antetokounmpo (10), bintang Atlanta Hawks Trae Young (10) dan pilar utama Golden State Warriors Stephen Curry (7).

Ia juga paling sering mencetak 30 poin atau lebih musim ini dengan 40 kali di atas Young (35), Antetokounmpo (34), megabintang Los Angeles Lakers LeBron james (34).

Gelar top skor ini semakin sekaligus memperkuat posisi Embiid dalam persaingan menjadi Pemain Terbaik (MVP) NBA musim ini di mana ia jadi tiga terdepan bersama Antetokounmpo serta bintang Denver Nuggets Nikola Jokic.

MVP NBA nantinya akan ditentukan berdasarkan jajak pendapat oleh panel yang berisikan reporter dan penyiar Amerika Serikat serta Kanada.