Nama dermaga feri di Balige diusulkan jadi Pelabuhan Muliaraja

id pelabuhan balige,Pelabuhan Muliaraja.,Danau Toba

Nama dermaga feri di Balige diusulkan jadi Pelabuhan Muliaraja

Kolase foto Proses pengerjaan Pelabuhan Penyeberangan dan KM Ferri Pora-Pora di danau Toba, Balige. (ANTARA/HO)

Balige (ANTARA) - Pelabuhan penyeberangan di Balige yang sedang dibangun pemerintah guna mendukung pengembangan industri pariwisata di Danau Toba, Sumatera Utara, diusulkan oleh Keturunan Pomparan Raja Napitupulu ditabalkan namanya menjadi Pelabuhan Muliaraja Balige.

"Permohonan untuk mengusulkan nama Pelabuhan Muliaraja ini telah kami bicarakan dan disepakati bersama oleh Keturunan (Pomparan) Raja Napitupulu di Bona Pasogit serta didukung Pomparan Muliaraja se-Jabodetabek," kata Imran Napitupulu di Balige, Rabu.

Ia mengatakan, dasar pertimbangan bagi mereka untuk pengusulan penabalan nama tersebut sebagai bentuk penghargaan atau penghormatan mengingat lokasi pelabuhan penyeberangan itu berlokasi di danau "tano Pangeahan" (yang merupakan wilayah pemukiman) nenek moyang Raja Muliaraja Napitupulu.

Imran menyebutkan, Pomparan Muliaraja di Bona Pasogit Balige serta Punguan Muliaraja dan Boru se-Jabodetabek menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya Pemkab Toba memajukan Kota Balige, khususnya pembangunan pelabuhan penyeberangan yang tentunya akan berdampak dalam meningkatkan perputaran ekonomi warga setempat.

Menurutnya, pembangunan pelabuhan feri tersebut sangat tepat dalam menunjang industri pariwisata kawasan Danau Toba, sekaligus sebagai upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya telah menyampaikan surat bernomor 01/PPRMN/1/2021 tentang usul permohonan ke Bupati Toba dengan tembusan ke DPRD kabupaten Toba serta Dinas Perhubungan setempat.

"Kami berharap pihak pemerintah bisa merealisasikan usul permohonan tersebut," kata Imran.

Pengurus Punguan Muliaraja dan Boru se-Jabodetabek, Thamrin Napitupulu menambahkan, pihaknya juga telah melayangkan surat dukungan untuk penabalan nama pelabuhan dimaksud ke sejumlah instansi terkait.

Dengan harapan bisa diproses sebagai wujud kebersamaan dan harmonisasi hubungan antara pemerintah dan masyarakat adat.

Sebagai dukungan, jelas Thamrin, Pengurus Punguan Pomparan Muliaraja Napitupulu se-Jabodetabek juga telah melayangkan surat ke Bupati Toba dan tembusan kepada Ketua DPRD, Dinas Perhubungan, Camat Balige dan Lurah Napitupulu, dengan harapan prosesnya dapat ditindaklanjuti. 
 
Kadis Perhubungan Kabupaten Toba, Tito Siahaan SH menyebutkan, proyek pembangunan sumber dana APBN pusat ini pelaksanaannya "multi years" dan peresmiannya diperkirakan pada pertengahan tahun 2021.

"Kami juga mendukung usulan untuk penabalan nama Pelabuhan Muliaraja ini," ujarnya.