Penjabat Bupati Pesisir Barat ajak masyarakat kembangkan pariwisata

id lampung, pesisir barat,wisata pesisir barat

Penjabat Bupati Pesisir Barat ajak masyarakat kembangkan pariwisata

Penjabat Bupati Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra menghadiri acara pembukaan kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata melalui kegiatan bersih-bersih pantai. (ANTARA/HO)

Untuk membangkitkan pariwisata itu bukan hanya tugas pemerintah,

Lampung (ANTARA) - Penjabat Bupati Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra menghadiri acara pembukaan kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata melalui kegiatan bersih-bersih pantai.

“Kita lakukan kegiatan ini agar masyarakat harus sadar sejak sekarang, untuk membangkitkan pariwisata itu bukan hanya tugas pemerintah, tetapi peran serta dari masyarakat juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang pariwisata yang ada di daerahnya,” kata Chrisna, di Pantai Siging, Pekon Pardasuka, Kecamatan Ngaras, Selasa (20/10) kemarin.

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pariwisata merupakan salah satu sektor utama ekonomi nasional. Pariwisata mempunyai peranan penting dalam pembangunan fisik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Melalui pembangunan sektor pariwisata, masyarakat lokal dapat terbantu secara langsung maupun tidak langsung dalam taraf perekonomiannya, begitu juga dengan dunia usaha yang akan semakin menggeliat dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Selain itu, dalam rangka menciptakan suasana pembangunan pariwisata yang kondusif, dibutuhkan sinergi antaraktor sosial yang ada. Aktor sosial di sini meliputi masyarakat, pemerintah, dan swasta, dengan fungsi serta peran masing-masing. Semua aktor sosial tersebut harus berjalan bersama untuk mencapai sinergisitas pembangunan pariwisata yang lebih optimal.
Baca juga: Kabupaten Pesisir Barat dukung pengembangan wisata sehat di masa normal baru
 

Ia menegaskan bahwa pariwisata merupakan industri yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan. Tanpa lingkungan yang baik pariwisata tidak mungkin berkembang dengan baik. Karena itu, pengembangan pariwisata sudah seharusnya memperhatikan terjaganya mutu lingkungan, sebab dalam industri pariwisata lingkungan itulah yang menjadi nilai jual utama.

“Melalui kegiatan bersih-bersih pantai ini sebagai salah satu upaya menciptakan sinergisitas peran serta dalam pengembangan kemitraan pariwisata. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan Pesisir Barat sebagai daerah tujuan wisata yang bersih, indah, dan nyaman serta sekaligus untuk mewujudkan misi pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan Kabupaten Pesisir Barat khususnya dalam meningkatkan peran serta antar aktor sosial, agar terciptanya kebersamaan dalam melakukan gerakan pembangunan dan kerja sama yang sinergis, strategis dan harmonis,” katanya pula.
Baca juga: YKWS dorong kembali pelaksanaan protokol kesehatan di objek wisata
Baca juga: Dinas Pariwisata Pesisir Barat latih pemandu wisata

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar