PT BA - IZI Lampung adakan pelatihan jahit membuat masker di Pulau Tegal

id pt bukit asam, izi Lampung, pelatihan menjahit, pulau tegal, pesawaran

PT BA - IZI Lampung adakan pelatihan jahit membuat masker di Pulau Tegal

PT BA - IZI Lampung adakanĀ  pelatihan menjahit membuat masker di Pulau Tegal. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
PT Bukit Asam Tbk (PT BA) Unit Pelabuhan Tarahan bekerja sama dengan Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Lampung mengadakan kegiatan pelatihan menjahit bagi warga di Pulau Tegal, Pesawaran. 

"Program dana sosial dari PT BA sendiri lebih kami fokuskan pada program - program pemberdayaan seperti menjahit ini, karena lebih ada nilai tambahnya di bandingkan dengan program charity yang sekali di keluarkan tetapi tidak ada manfaat berkelanjutan " kata Ivan Sagara Koordinator Comdev PT Bukit Asam, dalam keterangan yang diterima di bandarlampung,  Kamis.  



Ia menyebutkan,  pelaksanaan pelatihan berlangsung selama 7 hari sejak 5 Agustus hingga 11 Agustus 2020 dengan peserta sebanyak 12 orang peserta yang kesemuanya wanita. 

Menurutnya, tujuan diadakannya kegiatan pelatihan jahit ini agar peserta bisa memiliki keterampilan menjahit masker sehingga nantinya bisa membantu ekonomi keluarganya dengan membuka usaha jahit masker. 


Peserta jahit  diberikan materi pelatihan tentang cara membuat masker dan setelah mengikuti pelatihan para peserta diharapkan bisa mahir membuat masker.

"Targetnya mereka ditahap awal ini bisa memproduksi  dan menjual 1000 masker. Untuk pemasaran masker hasil jahit mereka sepenuhnya nanti akan dibantu oleh pihak PT. BA dan IZI," tambahnya. 

Sekretaris Camat Teluk Pandan Hadi Jaya mengatakan pihaknya mengapresiasi dan berterimakasih banyak kepada PT BA dan IZI yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan jahit ini.

"Kami menilai program ini sangat tepat di terapkan sehingga masyarakat Pulau Tegal diharapkan bisa mempunyai keterampilan menjahit," ujarnya. 

Sementara Tomy Youngki selaku Kabid Pendayagunaan IZI Perwakilan Lampung menjelaskan bahwa program menjahit kerja sama antara PT BA dan IZI ini merupakan bagian dari program proteksi keluarga mustahik di masa pandemi COVID-19. 

"Program ini bertujuan untuk membantu dan meningkatkan ekonomi warga yg terdampak selama COVID-19 khususnya warga masyarakat di Pulau Tegal," jelasnya. 

Menurutnya, dalam pelatihan ini seluruh peserta dibimbing dan dilatih secara intensif oleh seorang instruktur jahit yang berpengalaman dan selama pelatihan berlangsung tidak dipungut biaya sama sekali. 

"Semua perlengkapan keperluan menjahit seperti mesin jahit, kain, jarum, gunting dan lain-lain telah disiapkan secara gratis selama pelatihan," tambah Tomy. 
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar