Gunung Kanter di Padang Pariaman, Sumbar potensial jadi objek wisata dirgantara

id Padang Pariaman,gunung padang, wisata sumbar,wisata padang

Gunung Kanter di Padang Pariaman, Sumbar potensial jadi objek wisata dirgantara

Ilustrasi - Sejumlah atlet paralayang mengudara pada Pekan Olahraga Provinsi XV/2018 di Gunung Kanter, Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, Sumbar. ANTARA/ Aadiyat

Gunung Kanter di Nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) potensial menjadi objek wisata dirgantara di daerah itu.
Parit Malintang (ANTARA) - Gunung Kanter di Nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) potensial menjadi objek wisata dirgantara di daerah itu.

"Keunggulannya tidak jauh dari bandara, alamnya indah dan menarik serta angin yang memadai, jadi aman untuk terbang," kata Ketua Gantole Indonesia Alda Lubis pada Kejuaraan Nasional Gantole Bupati Padang Pariaman Cup di Batang Anai, Sabtu.
Baca juga: Tingkatkan ekonomi warga, Padang Pariaman kembangkan objek wisata air terjun Duo Bidadari

Apalagi, kata dia, saat ini pilot paralayang dan gantole di Sumbar sudah ada yang bisa terbang tandem atau membawa penumpang yang bukan penerbang.

Namun, lanjutnya, untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah daerah bersama pihak terkait harus menyediakan fasilitas jalan, lokasi "take off", pendaratan, hingga tempat berfoto.

"Sedangkan penerbang paralayang dan gantole hanya bisa meramaikan," katanya.

Ia menyebutkan pariwisata dirgantara sudah berkembang di sejumlah daerah di Pulau Jawa dan diharapkan dengan dikembangkannya konsep wisata itu di Gunung Kanter maka dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Ia mengatakan saat ini jumlah pilot cabang olahraga aero sport itu di Sumbar telah berlimpat ganda dari pada lima tahun lalu, sedangkan kemampuannya sekarang juga diperhitungkan.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengatakan Gunung Kanter lokasi pelaksanaan cabang olahraga aero sport pada Pekan Olahraga Provinsi Sumbar 2018.

"Ini merupakan ikon wisata olahraga di Padang Pariaman," ujar dia.
Baca juga: Wagub Sumbar berharap KA Padang-Pulau Air hidup kembali dukung wisata Kota Tua

Ia menyampaikan keunggulan lokasi tersebut yaitu jika berada di atas puncak gunung akan terlihat aktivitas naik dan turunnya pesawat di Bandara Internasional Minangkabau, laut, dan perkotaan Kota Padang.

Pihaknya akan membangun sarana pelengkap di lokasi tersebut untuk mendukung dijadikan objek wisata serta lokasi pelaksanaan kegiatan internasional pada cabang olahraga yang sama.

Sebanyak 70 pilot aero sport mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gantole Bupati Padang Pariaman Cup yang dilaksanakan selama 6-8 Maret 2020 di Gunung Kanter, Kecamatan Batang Anai.

"70 peserta itu tidak saja pilot gantole namun juga termasuk pilot paralayang," kata Ketua Pelaksana Kejurnas Gantole Bupati Padang Pariaman Cup Afrizal saat pembukaan kejurnas tersebut di Kecamatan Batang Anai.

Ia menyebutkan para peserta berasal dari berbagai daerah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Sumbar.
Baca juga: Pemkot Padang gelar tiga kegiatan wisata besar tahun 2020
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar