Pj Gubernur Lampung instruksikan ruang operasional bantuan alat kesehatan

id Bantuan alkes lampung, kesehatan lampung, Pemprov lampung, pj gubernur lampung

Pj Gubernur Lampung instruksikan ruang operasional bantuan alat kesehatan

Arsip - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menginstruksikan kepada kepala daerah di provinsi itu untuk menyiapkan ruangan bagi operasional bantuan alat kesehatan (alkes) modern dari pemerintah pusat.
 
"Instruksi kepada bupati untuk menyiapkan ruangannya, terutama yang beberapa waktu lalu yang rumah sakit daerahnya sudah didatangi oleh Presiden," ujar Samsudin di Bandarlampung, Rabu.

Ia pun meminta kepada seluruh kepala daerah untuk dapat segera menyiapkan ruangan untuk operasional alat kesehatan canggih yang akan diberikan pemerintah ke rumah sakit daerah.


"Tentunya kalau memang alatnya sudah diminta namun ruangnya belum disiapkan, maka harus dilakukan segera agar secepatnya ruangan itu ada. Dan itu menjadi kewajiban bagi kabupaten yang bersangkutan untuk menyiapkan ruangan di rumah sakit daerah masing-masing," katanya.

Ia melanjutkan, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan menjalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan sarana prasarana di rumah sakit daerah dalam mempersiapkan bantuan alat kesehatan canggih tersebut.

"Selain itu kami juga sudah bersurat ke pemerintah pusat agar ada tindak lanjut mengenai bantuan ini agar segera direalisasikan. Tapi saya berharap agar para bupati bisa sigap menyiapkan ini semua," ucap dia.

Diketahui dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung 12 Juli lalu, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan ruangan bagi operasional bantuan alat kesehatan dari pemerintah pusat kepada rumah sakit daerah di kabupaten.

Bantuan alat kesehatan canggih dan modern berupa CT scan, cath lab, mammogram, x-ray, dan MRI akan disalurkan bertahap oleh Kementerian Kesehatan pada tahun ini hingga tahun depan.

Dengan alat kesehatan modern tersebut diharapkan dapat mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di kabupaten/kota.