Sir Jim Ratcliffe akusisi 25 persen saham Manchester United

id Sir Jim Ratcliffe, Manchester United, Liga Premier Inggris, Sepak Bola Internasional

Sir Jim Ratcliffe akusisi 25 persen saham Manchester United

Jim Ratcliffe. (Photo by Valery HACHE / AFP) (AFP/VALERY HACHE)

Jakarta (ANTARA) -
Sir Jim Ratcliffe telah resmi mengakuisisi 25 persen saham Manchester United (MU) yang menjadinya salah satu pemilik klub Inggris tersebut.
Ratcliffe menyetujui kesepakatan senilai 1,3 miliar poundsterling (sekitar Rp25,7 triliun) dengan keluarga Glazer (pemilik saham mayoritas MU) untuk mengakui saham minoritas dengan syarat kendali operasional sepak bola klub.
 
Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Liga Premier Inggris meratifikasi kesepakatan tersebut pekan lalu, dan transaksi tersebut kini telah diselesaikan.
 
“Menjadi salah satu pemilik Manchester United adalah suatu kehormatan besar dan disertai dengan tanggung jawab besar,” kata Ratcliffe dalam sebuah pernyataan yang dikutip The Guardian pada Rabu.
 
Ratcliffe rencananya akan menambah sekitar 158,47 juta poundsterling untuk membuat kepemilikan sahamnya jadi 27,7 persen. Direncanakan pada 31 Desember, Ratcliffe sudah menguasai 28,9 persen saham MU dengan tambahan investasi sekitar 79,2 juta poundsterling.
 
“Ini menandai selesainya transaksi, tetapi hanyalah awal dari perjalanan kami untuk membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia, dengan fasilitas kelas dunia untuk para penggemar kami. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan dipercepat mulai hari ini," lanjut Ratcliffe.
 
Ratcliffe merupakan pemilik INEOS yang merupakan perusahaan bergerak di bidang kimia. Ia juga mengaku sebagai fans MU sejak kecil.
 
Selain MU, Ratcliffe jadi pemilik sejumlah klub olahraga, seperti tim F1 Mercedes, klub Prancis Nice, dan klub Swiss Lausanne Sport.
 
Joel Glazer, salah satu ketua eksekutif MU, menyambut kedatangan Ratcliffe sebagai salah satu pemilik klub berjuluk Setan Merah tersebut.
 
"Saya ingin menyambut Sir Jim sebagai salah satu pemilik dan berharap dapat bekerja sama dengannya serta INEOS Sport untuk mewujudkan masa depan cerah bagi Manchester United," ujar Joel.
 
Ratcliffe dan Sir Dave Brailsford, direktur divisi olahraga Ineos, telah berupaya merombak operasional sepak bola United.
 
Mereka telah mendatangkan Omar Berrada dari Manchester City sebagai kepala eksekutif, dan dilaporkan akan mempekerjakan Dan Ashworth sebagai direktur olahraga dari Newcastle United selesai.
 
Pelatih MU Erik ten Hag menegaskan bahwa dia “sangat selaras” dengan Ratcliffe, tetapi dapat dipastikan bahwa nasibnya belum aman mengingat posisi MU saat ini di Liga Premier Inggris.
 
Setan Merah saat ini berada di urutan keenam, tertinggal lima poin dari Aston Villa yang berada di posisi keempat.
 
Pertandingan pertama United di bawah kepemilikan baru klub adalah melawan Fulham di Old Trafford pada Sabtu, 24 Februari.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sir Jim Ratcliffe resmi akusisi 25 persen saham Manchester United