Bupati Lampung Barat minta kepala sekolah tingkatkan mutu pendidikan

id Lampung Barat ,Pendidikan ,Mutu pendidikan

Bupati Lampung Barat minta kepala sekolah tingkatkan mutu pendidikan

PJ bupati Lampung Barat Nukman saat memberikan sambutan. (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Lampung Barat (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman meminta kepala sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten setempat.

"Meningkatkan mutu pendidikan, selain menjalankan program nasional juga harus banyak muatan lokal yang diterapkan di setiap sekolah," kata Nukman, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Kamis.

Ia menyampaikan kepala sekolah berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah Lampung Barat.

"Yang mencakup pemenuhan standar proses, kompetensi, dan pengelolaan dalam penyelenggaraan pendidikan," kata dia.

Menurutnya, para kepala sekolah harus terus berinovasi agar bisa menyelenggarakan pendidikan yang mampu membentuk generasi yang bermanfaat bagi diri, keluarga, lingkungan, daerah, bangsa, dan negara.

Selain itu, ia juga berharap agar pihak sekolah terus meningkatkan pendidikan di bidang keagamaan, sebab menurutnya, penempatan Ahlak merupakan hal yang sangat penting terhadap pendidikan siswa-siswi.

"Saya berharap semakin banyak sekolah di semua tingkat khususnya di Lampung Barat dapat meningkatkan mutu pendidikan keagamaan karena percuma jika seorang siswa pintar namun memiliki ahlak yang kurang baik," katanya.

Nukman mengatakan guru dan kepala sekolah harus memiliki kecakapan yang kreatif, inovasi, hal tersebut bertujuan untuk menghadapi perubahan dan peningkatan mutu pendidikan.

"Guru dan kepala sekolah harus mampu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang menarik dan menginspirasi siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik," ujarnya.

Sementara, itu di lain kesempatan kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, Bulki, menjelaskan dengan adanya Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maka tenaga guru di Kabupaten Lampung Barat mengalami meningkatkan.

Dirinya optimis dengan semakin meningkatnya tenaga guru tersebut ke depannya pendidikan di Lampung Barat akan semakin baik.

"Dengan semakin meningkatnya tenaga pendidik di Kabupaten Lampung Barat ini saya berharap dapat meningkatkan mutu pendidikan ke depannya," kata Bulki.