Enam anak di Sumut meninggal karena ginjal akut misterius

id Gagal ginjal akut,RSUP Adam Malik,Berita Sumut

Enam anak di Sumut meninggal karena ginjal akut misterius

Ilustrasi - Penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak di Jakarta, Jumat (14/10/2022). ANTARA/Instagram/@dinkesdki

Medan (ANTARA) - Sebanyak enam anak di wilayah Provinsi Sumatera Utara yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik di Kota Medan, meninggal dunia karena penyakit gagal ginjal akut misterius atau belum diketahui penyebabnya.
 
Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUP Adam Malik dr Rosmayanti Syafriani di Medan, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya telah merawat tujuh anak penderita ginjal akut misterius sejak Juli 2022.
 
"Dari tujuh kasus itu, satu kasus berhasil ditangani dan pasien sudah sehat. Namun enam kasus tidak bisa diselamatkan," katanya.

Ia menyebutkan, anak-anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut tersebut berusia 1 tahun hingga 5 tahun. Mereka berasal dari Kota Medan dan beberapa kabupaten/kota di Sumut.
 
"Kasus terakhir ditangani terhadap anak usia dua tahun asal Medan. Kita sudah lakukan tindakan sesuai dengan prosedur Kemenkes terkait pasien dengan gejala ginjal akut," katanya.

Ia menambahkan, faktor utama penyebab ginjal akut yang menyerang anak-anak ini belum bisa dipastikan, apakah faktor dari makanan atau yang lainnya.
 
Namun kata dia, pasien dengan yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi perburukan yang sangat cepat dan mengalami gejala awal tidak bisa kencing atau kencingnya sedikit sekali dibandingkan dalam keadaan normal.
 
"Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit tersebut," katanya.