Penjual jeruk madu susu di Sambas untung saat lebaran

id Jeruk madu susu, jeruk sambas

Penjual jeruk madu susu di Sambas untung saat lebaran

Pembeli tengah memilih jeruk madu susu (ANTARA/Dedi)

Pontianak (ANTARA) - Penjual jeruk madu susu di Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat mengaku panen untung pada periode Idul Fitri 1443 H karena ramainya lalu lintas masyarakat saat Lebaran.

"Alhamdulillah tahun ini ramai lalu lintas orang. Hal itu berdampak penjualan jeruk madu susu," ujar penjual jeruk madu susu, Rizal di Tebas, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam sehari mampu menjual lebih dari tiga keranjang atau setara 200 kilogram. Padahal, pada hari biasa, dirinya hanya mampu menjual sepertiga dagangan.

"Orang dari luar Sambas saat lebaran atau mudik tentu ramai pada momen seperti ini. Jeruk menjadi oleh - oleh," jelas dia.

Ia menambahkan lapak jeruk madu susu miliknya juga menyediakan pasokan hingga ke Jakarta, tidak hanya untuk dijual di lapak sendiri.

"Jeruk madu susu ini diminati di Jakarta. Hanya saja kualitas harus diperhatikan baik dari tampilan jeruk mulus dan buahnya besar," kata dia.

Untuk harga jeruk yang dijualnya saat ini hanya Rp10.000 per kilogram. Sedangkan untuk jeruk siam madu Rp13.000 per kilogram.

"Berhubung Tebas ini sentra jeruk di Kalimantan Barat maka harga jual di sini lebih murah," kata Rizal.

Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas sejak dulu telah menjadi sentra jeruk siam di Kalimantan Barat. Kondisi tanah yang cocok dan subur membuat rasanya manis dan buahnya besar.

Kondisi ini menjadi kebanggaan dan sumber pendapatan masyarakat sekitar, terutama petani beserta rantai pasoknya.