PT GMP dan PT PSMI bantu renovasi rumah korban gempa Cianjur

id gmp, gunung madu, gempa cianjur, desa galudra

PT GMP dan PT PSMI bantu renovasi rumah korban gempa Cianjur

GMP dan PSMI bantu renovasi rumah korban gempa Cianjur (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Gunung Madu Plantations (GMP) berkolaborasi dengan PT Pemuka Sakti Manis Indah (PSMI) melalui program tanggung jawab sosial lingkungan melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) merenovasi 100 rumah warga terdampak gempa bumi di Desa Galudra, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Bantuan ini diberikan sebagai upaya mengingat pemulihan bagi warga terdampak gempa Cianjur pada November 2022 lalu masih sangat memerlukan bantuan. Oleh karena itu, kami  dari pihak swasta dengan mengusung tagline "GMP PSM Kami Peduli" hadir dan membantu warga terdampak  yang membutuhkan," kata Kepala Departemen Services PT GMP, Iwan Kurniawan, dalam keterangan pers, yang diterima di Bandarlampung, Senin.

Kegiatan tersebut dimulai sejak Januari 2023 dengan target selesai pada bulan Juni 2023. 

Pihaknya hadir di tengah bantuan yang mulai berkurang sejak November 2022. Para Manajemen kedua perusahaan ini sangat konsen terhadap kegiatan CSR.

Termasuk salah satunya program tanggap bencana. Dengan kalobarasi bahkan prinsip yang hampir sama bahwa keuntungan bisnis bukan satu satunya parameter keberhasilan perusahaan.

 "Namun asas kebermanfaatan bagi masyarakat merupakan parameter yang tak kalah penting bagi keberlanjutan perusahaan," tambah Iwan Kurniawan.

Terkait bantuan ini, Kepala Desa Galudra, Sugandi, mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuan kedua Perusahaan asal Lampung ini yakni PT GMP dan PSMI dengan merenovasi rumah. 

Dia mengatakan bantuan pemerintah saat ini fokus pada fasilitas fasilitas umum seperti perbaikan sekolah atau madrasah, pendirian tenda darurat, bangunan balai, dan kantor kampung. Kepala Kampung sangat mengapresiasi bantuan GMP dan PSMI.

 "Meskipun lokasi kedua perusahaan ini berada jauh di Lampung, namun sangat manfaatnya menjangkau Desa Galudra, Kabupaten Cianjur, khususnya Desa Galudra," kata Sugandi.

Tim GMP PSMI Peduli hingga kini masih mengerjakan renovasi rumah. Tidak hanya itu para warga antusias dengan  ikut gotong royong membantu tim renovasi.

Perusahaan menyiapkan anggaran Rp2,5 miliar dengan target 100 rumah. Kedua perusahaan itu berharap program ini dapat selesai tepat waktu.

Sebagai informasi tim GMP PSMI menerjunkan tujuh anggota tim untuk merenovasi rumah warga. Sehingga bantuan cepat dapat dirasakan dan warga dapat kembali menikmati rumahnya seperti sebelum gempa melanda Desa Galudra.

"Bantuan ini diharapkan selesai pada Juni 2023. Renovasi rumah ini disiapkan anggaran Rp2,5 miliar dengan target 100 rumah," tambah Iwan Kurniawan.