Bupati Lampung Selatan perintahkan kadis turun pantau COVID-19

id nanang ermanto,bupati lampung selatan,penanganan covid-19,covid lampung selatan

Bupati Lampung Selatan perintahkan kadis turun pantau COVID-19

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto. ANTARA/HO-Diskominfo Lampung Selatan/Dok

Saya minta kepada tim untuk turun langsung ke lapangan guna memonitoring dan mencari data

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 daerah ini, minta kepala dinas (kadis) turun ke setiap kecamatan untuk mengawasi dan memantau penanganan pencegahan COVID-19.

Para kepala dinas pada organisasi perangkat daerah (OPD) yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Lampung Selatan itu diminta turun ke tiap kecamatan untuk melaksanakan pemantauan, pengawasan, monitoring, dan evaluasi terkait penanganan, pengendalian, pencegahan, dan pemulihan dampak COVID-19 secara langsung ke lokasi berdasarkan pembagian wilayah/daerah tugasnya.

“Saya minta kepada tim untuk turun langsung ke lapangan guna memonitoring dan mencari data yang nantinya akan dirumuskan sebagai pijakan penanganan COVID-19 di Lampung Selatan,” kata Nanang dalam keterangan Dinas Kominfo Lampung Selatan yang diterima, di Bandarlampung, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, katanya, terus berupaya menekan laju penularan COVID-19, karena itu pihaknya membentuk tim agar tiap OPD dapat turun langsung ke masyarakat melakukan tindakan nyata guna mencegah penularan COVID-19.

Menurut Nanang, ada banyak hal yang dapat dilakukan tim tersebut dengan turun langsung ke masyarakat, seperti memantau pelaksanaan vaksinasi, memonitor perilaku masyarakat agar benar-benar disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Nanang, untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19, perlu dilakukan kerja sama dan koordinasi semua pihak, yaitu melibatkan unsur Pemerintah, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh adat, akademisi, swasta, komunitas, dan elemen masyarakat lainnya.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah saja. Tetapi perlu adanya kerja sama serta kepatuhan semua  pihak dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Berdasarkan laporan yang disampaikan tim gugus tugas, pada Kamis (5/8), sejumlah tim telah melakukan monitoring dan evaluasi di daerah tugasnya masing-masing.

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dengan monitoring ke Kantor Lapas Kelas II Kalianda dan melakukan kegiatan vaksinasi tahap II kepada 735 warga binaan.

Pada bagian lain, di Kecamatan Way Panji, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Dwi Jatmiko didampingi Camat Way Panji Isro Abdi, melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Desa Sidoharjo.

Pada hari yang sama, tim gugus tugas kabupaten juga melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi tahap II di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Merbau Mataram dengan peserta sebanyak 120 orang, ujar Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan Mulyadi Saleh.
Baca juga: Kasus COVID-19 meningkat, Bupati Lamsel minta Camat perketat pengawasan
Baca juga: ACT dan Ketua Komisi II DPRD Lampung bagikan 6 ton beras di Lampung Selatan