Mendag sebut anak muda berpotensi dorong penggunaan produk lokal

id Mendag, penggunaan produk dalam negeri, promosi produk dalam negeri

Mendag sebut anak muda berpotensi dorong penggunaan produk lokal

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat memberi kuliah umum di Institut Teknologi Sumatera. Bandarlampung, Jumat (6/8/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Generasi muda juga dapat dijadikan sebagai duta produk lokal dengan membeli dan menggunakan produk lokal.
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan generasi muda menjadi salah satu aspek yang berpotensi mendorong penggunaan produk dalam negeri.
 
Menurut dia, generasi muda dapat menggaungkan gerakan nasional bangga buatan Indonesia melalui pemanfaatan konten digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Generasi muda juga dapat dijadikan sebagai duta produk lokal dengan membeli dan menggunakan produk lokal. Sebab penduduk usia produktif memiliki daya beli yang besar dan menjadi target pasar yang potensial," kata Zulkifli Hasan dalam kunjungan kerja di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan potensi besar generasi muda sebagai pengguna produk dalam negeri tersebut juga didukung dari adanya perkembangan ekonomi digital Indonesia yang pada 2023 mencapai 82 miliar dolar Amerika, dimana pengguna internet pada Maret 2023 mencapai 215,63 juta jiwa.
 
"Kemudian lima sektor ekonomi digital yang tumbuh seperti e-commerce yang nilai transaksinya mencapai Rp453,75 triliun di 2023, fintech, edutech, healthech, dan media online yang tidak jauh pemanfaatannya dari generasi muda," ucap dia.

Peningkatan ekonomi digital juga terlihat pada hari belanja online nasional 2023 yang mencatatkan pertumbuhan pedagang daring hingga 6 persen dan transaksi produk lokal mencapai Rp12,3 triliun.
 
"Melihat potensi ini tentu literasi digital dan promosi gerakan bangga menggunakan produk Indonesia kepada anak muda tetap dilakukan, agar generasi muda selain sebagai konsumen bisa sebagai yang mempromosikan produk dalam negeri," tambahnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag: Anak muda berpotensi dorong penggunaan produk lokal