Dispora Lampung akan bina SDM pelatih selancar lokal Pesisir Barat

id Dispora lampung, bibit atlet daerah, pembinaan pelatih selancar, krui pro 2024

Dispora Lampung akan bina SDM pelatih selancar lokal Pesisir Barat

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda bersama salah seorang atlet muda selancar lokal Krui Dira. Pesisir Barat, Rabu (29/5/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Pesisir Barat (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda mengatakan akan melakukan pembinaan secara berkala bagi sumber daya manusia (SDM) lokal di bidang kepelatihan olahraga selancar di Kabupaten Pesisir Barat.
 
"Untuk pengembangan talenta muda berbakat di olahraga selancar ini akan terus dilakukan oleh pemerintah daerah, karena kita sudah melihat ternyata cukup banyak bibit atlet muda di Kabupaten Pesisir Barat," ujar Descatama Paksi Moeda di Pesisir Barat, Rabu.

Ia mengatakan sebagai upaya mendorong hal tersebut pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan KONI dan asosiasi peselancar PSOI untuk melakukan pembinaan sumber daya manusia kepelatihan selancar lokal.
 
"Karena pelatih masih tetap menggunakan sumber daya manusia yang ada di Krui, maka untuk pembinaan serta pelatihan agar pelatih lebih piawai melatih atlet selancar,  kami akan berkoordinasi ke KONI dan PSOI," katanya.
 
Dia menjelaskan dengan meningkatkan kapabilitas sumber daya kepelatihan diharapkan bisa meningkatkan kemampuan para atlet selancar lokal Krui.
 
"Karena potensi dan cabang olahraga selancar ini cuma ada di Krui, tidak ada di kabupaten lain maka fokus sasaran pembinaannya akan dilakukan disini," ucap dia.
 
Menurut dia, selain pengembangan sumber daya pelatih selancar, pihaknya juga akan meningkatkan bakat atlet selancar muda di Pesisir Barat.
 
"Pengembangan talenta muda atlet daerah juga akan dilakukan, seperti Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berencana membuat ekstrakurikuler selancar ini kami dukung kalau ada konsep seperti itu. Sebab kami selalu mendukung dari sisi pengembangan olahraganya," tambahnya.
 
Ia melanjutkan dengan konsistennya pelaksanaan pembinaan bagi pelatih dan bibit atlet, diharapkan dapat menumbuhkan atlet-atlet berbakat daerah.
 
"Untuk memunculkan bibit atlet daerah tentu membutuhkan kerjasama semua pihak. Kalau misalkan bagi anak-anak yang berbakat dalam selancar dan akan diberikan beasiswa sekolah bisa kami koordinasikan dengan dinas terkait agar bibit atlet daerah ini semakin banyak," ujar dia lagi.

Baca juga: Menpora sebut WSL Krui Pro 2024 jadi ajang tingkatkan ekonomi dan pariwisata

Baca juga: Pesisir Barat targetkan kunjungan 20.000 wisatawan di WSL Krui Pro

Baca juga: Warga Lampung antusias saksikan kejuaraan WSL Krui Pro 2024