Pesisir Barat targetkan kunjungan 20.000 wisatawan di WSL Krui Pro

id wisatawan mancanegara, wisatawan domestik, kadis pariwisata, pesisir barat, wsl krui pro

Pesisir Barat targetkan kunjungan 20.000 wisatawan di WSL Krui Pro

Peselancar tengah bertanding di WSL Krui Pro 2024 (ANTARA/Riadi Gunawan)

Jumlah itu mengalami peningkatan lebih kurang 20 persen dibandingkan tahun lalu

Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menargetkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara mencapai 15 hingga 20 ribu orang selama World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024.

"Jumlah itu mengalami peningkatan lebih kurang 20 persen dibandingkan tahun lalu," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat I Nyoman Setiawan, dalam keterangannya di Pesisir Barat, Selasa.

Ia menyebutkan, kejuaraan surfing internasional yang dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo dan berlangsung selama sepekan sejak 28 Mei hingga 4 Juni 2024 itu mendapatkan perhatian luas dari masyarakat setempat maupun wisatawan yang ingin menyaksikan WSL Krui Pro 2024.

Sejumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara antusias menyaksikan kejuaraan surfing atau selancar bertaraf Internasional WSL Krui Pro 2024 di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat.

Tian, salah seorang wisatawan asal Palembang Sumatera Selatan mengaku antusias menyaksikan kejuaraan surfing internasional WSL Krui Pro tahun ini.

Menurut dia, selain ingin menyaksikan surfing yang diikuti ratusan peselancar dari 20 negara, juga untuk melihat keindahan pantai khususnya di Tanjung Setia yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk selancar.

"Luar biasa ombak di Pantai Tanjung Setia bergulung gulung dan tinggi. Selain itu dapat melihat sunset saat menjelang Magrib," katanya pula.

Ia mengakui baru kali pertama mengunjungi Krui Pesisir Barat untuk menonton kejuaraan surfing internasional itu dan menyaksikan kebolehan para selancar dari berbagai negara.

Sementara, Fery, wisatawan asal Bandarlampung mengatakan mengunjungi Pesisir Barat untuk menyaksikan kejuaraan surfing WSL Krui Pro

Menurut dia, kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat harus didukung penuh oleh masyarakat di Lampung.

"Kejuaraan surfing setahun sekali ini harus didukung karena bertaraf internasional dan Pesisir Barat bakal dikenal dunia karena ada event WSL," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo telah membuka secara resmi Liga Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) Krui Pro 2024 di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

WSL Krui Pro tersebut diikuti oleh 265 peserta peselancar dari 20 negara yang digelar di Pantai Tanjung Setia, pada tanggal 28 Mei hingga 4 Juni 2024.

Baca juga: Terkena sirip ikan, petugas beri pertolongan pertama pada atlet surfing asal Jepang

Baca juga: Warga Lampung antusias saksikan kejuaraan WSL Krui Pro 2024

Baca juga: Menpora dukung pembuatan "surfing center" di Pesisir Barat Lampung