Lampung kurasi produk untuk masuk UMKM Center

id Kurasi produk umkm, produk umkm lampung, umkm center lampung

Lampung kurasi produk untuk masuk UMKM Center

Ilustrasi- Produk UMKM berupa pakaian dengan sulam usus khas Lampung milik pelaku UMKM. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyatakan saat ini pihaknya tengah melakukan proses kurasi produk untuk masuk dalam etalase UMKM Center.
"Untuk mempersiapkan kegiatan peresmian UMKM Center kami sudah rapat dengan pemerintah kabupaten serta kota agar mereka melakukan proses kurasi produk UMKM di daerah masing-masing," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Samsurizal Ari di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan setelah pemerintah kabupaten serta kota melakukan kurasi produk UMKM, maka akan di tindaklanjuti oleh BUMD pengelola UMKM Center untuk menentukan produk yang dapat masuk ke sentra promosi produk UMKM lokal tersebut.


"Saat ini kurasi produk UMKM masih terus berjalan, dan masih dalam proses. Namun sebagian besar kabupaten atau kota produknya sudah masuk. Memang untuk regulasi serta yang mengeluarkan hasil kurasi adalah BUMD," katanya.

Dia menjelaskan proses kurasi tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas produk UMKM di UMKM Center agar tetap berkualitas dan bernilai tambah.

"UMKM Center ini yang mengelola bukan oleh pemerintah daerah, akan tetapi diberikan kewenangan kepada BUMD untuk mengelola. Sedangkan untuk kurasi khusus produk kopi kami meminta bantuan dari dinas perindustrian," ucap dia.

Menurut dia, di dalam gedung UMKM Center tersebut selain digunakan untuk sarana promosi produk UMKM juga berfungsi memfasilitasi generasi muda untuk berkreasi serta mengembangkan inovasi karena disediakan ruang rapat, dan area kerja.

"Tenan yang tersedia di dalam ruangan cukup banyak, di tambah dengan area luar ruangan bisa di berkapasitas 30-40 unit tenan. Kemudian ada ruang rapat, area pengembangan inovasi dan tempat kreatif anak muda. Ini juga akan dijadikan tempat wajib dikunjungi bagi wisatawan kalau ke Lampung," tambahnya.

Ia melanjutkan peresmian sekaligus serah terima pengelolaan UMKM Center yang merupakan hasil kerjasama 14 BUMN tersebut akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Pekan Raya Lampung.

"Saat ini selain masih proses kurasi produk, juga masih menyiapkan dokumen penyerahan pengelolaan. Peresmian direncanakan akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Pekan Raya Lampung," kata dia pula.