Disparekraf Lampung promosi produk ekraf lewat festival pariwisata

id Pariwisata lampung, ekonomi kreatif lampung,Promosi produk ekraf, kegiatan pariwisata lampung

Disparekraf Lampung promosi produk ekraf lewat festival pariwisata

Ilustrasi- Produk ekonomi kreatif milik perajin yang dipamerkan promosikan dalam Festival Parekraf Lampung yang berlangsung beberapa waktu lalu. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung menyatakan bahwa melalui beragam festival pariwisata yang dilaksanakan setiap tahun dapat menjadi sarana mempromosikan produk ekonomi kreatif (ekraf) di daerahnya.
 
"Pemerintah daerah akan terus melaksanakan berbagai kegiatan kepariwisataan salah satunya dalam bentuk pelaksanaan festival pariwisata, yang secara konsisten akan digelar setiap tahunnya. Sebagai bentuk promosi sektor pariwisata," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan pelaksanaan festival pariwisata tersebut tidak hanya sekedar mempromosikan sektor pariwisata di Lampung, pelaksanaannya juga dapat menjadi sarana mempromosikan produk ekonomi kreatif yang dibuat oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ataupun industri kecil menengah (IKM) daerah.
 
"Seperti pelaksanaan Festival Parekraf 2024 yang digelar kemarin, telah menjadi bukti bahwa tujuan untuk mempromosikan sektor pariwisata bisa dikolaborasikan dengan sektor ekonom kreatif. Melalui kegiatan ini pun dapat memajukan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung," katanya.
 
Dia menjelaskan saat ini untuk produk ekonomi kreatif buatan perajin di Lampung telah semakin berkembang dimana dari segi kualitas telah semakin berdaya saing.
 
"Dengan berbagai event ini harapannya makin banyak pelaku ekonomi kreatif yang ikut serta, sehingga produk akan semakin dikenal luas," ucap dia.
 
Menurut dia, pemerintah daerah akan terus berupaya mengintegrasikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya, guna meningkatkan perekonomian daerah.
 
"Jadi bagi wisatawan yang datang untuk berwisata akan diarahkan untuk mengenal produk ekonomi kreatif disini agar selanjutnya bisa membelinya. Lalu upaya lainnya saat pelaksanaan kegiatan pariwisata akan dipromosikan pula produk-produk ekonomi kreatif hasil perajin lokal," tambahnya. 

Baca juga: Pertamina sertakan UMKM binaan dalam Festival Parekraf Lampung

Baca juga: PLN ikutsertakan UMKM di Festival Parekraf Lampung

Baca juga: Kadis Parekraf Lampung sebut rute penerbangan baru sarana jual paket wisata