Dompet Dhuafa bersama warga binaan Rutan Kelas 1 Pondok Bambu gelar pesantren kilat

id Dompet Dhuafa, Rutan Kelas 1 Pondok Bambu

Dompet Dhuafa bersama warga binaan Rutan Kelas 1 Pondok Bambu gelar pesantren kilat

Dompet Dhuafa bersama warga binaan Rutan Kelas 1 Pondok Bambu gelar pesantren kilat. ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA

Kurang lebih ada lima puluh orang yang mengikuti kegiatan ini, semoga membawa dampak baik ke depannya.
Jakarta (ANTARA) - Lantunan shalawat bergema dari Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas 1 Pondok Bambu, Jakarta Timur. Suara merdu warga binaan menyemarakkan Penutupan Pesantren Kilat dan Nuzulul Quran yang diselenggarakan Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa dalam agenda program Ramadhan 1445 H.

Tak hanya pembelajaran, pesantren kilat kian meriah dengan adanya perlombaan. Antusiasme warga binaan mengikuti perlombaan terpancar dari riuh tepuk tangan kala pengumuman pemenang. Perlombaan yang diselenggarakan mulai dari individu hingga kelompok.

Terselenggaranya lomba membuktikan, warga binaan memiliki bakat yang beragam. Kegiatan pesantren kilat dilaksanakan sejak tanggal 18-22 Maret 2024 dengan berbagai perlombaan. Mulai dari Lomba Kultum, Lomba Shalawat Beregu, dan Lomba Tilawatil Quran. Rangkaian kegiatan ditutup pada peringatan Nuzulul Quran di tanggal 27 Maret 2024.

Tak tertinggal, pemberian hadiah bagi pemenang lomba sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada warga binaan, agar semangat menjalani ibadah puasa Ramadhan. Tepuk tangan dan kegembiraan terpancar dari senyum para warga binaan.

Kepala Rutan Pondok Bambu Dewi Sondari berharap kerja sama ini terus berlanjut. Mengingat setiap tahunnya pasti ada warga binaan yang silih berganti, Dewi ingin warga binaan mendapat pembelajaran spiritual di bulan penuh berkah.

Sejalan dengan Dewi, Moh. Noor Awaluddin Asjhar selaku Kepala Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa ingin 50 warga binaan yang telah mengikuti pesantren kilat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. "Rutan Pondok Bambu jadi salah satu tempat terselenggaranya pesantren kilat. Kurang lebih ada lima puluh orang yang mengikuti kegiatan ini, semoga membawa dampak baik ke depannya," ujarnya, Rabu (27/3).

Ini merupakan kali kedua LPM Dompet Dhuafa menyelenggarakan pesantren kilat di Rutan Pondok Bambu. Bukan hanya pesantren kilat, melalui program Bina Santri Lapas juga kerap kali mengadakan peringatan Isra Mikraj dan kegiatan hari besar Islam lainnya bersama warga binaan Rutan Pondok Bambu.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Berita Kerja Sama)
Baca juga: Hari ke 17 Ramadhan, Dompet Dhuafa Lampung distribusi 2 ton zakat fitrah di Provinsi Lampung
Baca juga: Menyuarakan perjuangan untuk kemerdekaan Palestina