Anies sebut PDI Perjuangan konsisten jaga konstitusi dan demokrasi

id Pilpres 2024,Pemilu 2024,Kampanye Anies,Kampanye Muhaimin

Anies sebut PDI Perjuangan konsisten jaga konstitusi dan demokrasi

Capres RI Anies Baswedan memberi keterangan kepada media di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/1/2024). ANTARA/Hanifan Ma'ruf

Bagi saya PDI Perjuangan adalah salah satu partai yang konsisten dalam menjaga demokrasi dan Ibu Mega penjaga demokrasi yang konsisten berani.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Anies Baswedan mengatakan bahwa Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan konsisten dalam menjaga demokrasi dan konstitusi di Indonesia.

"Itu dibuktikan dengan penolakan gagasan tiga periode presiden," kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pada Hari Ulang Tahun Ke-51 PDI Perjuangan, Anies menyampaikan ucapan selamat, sekaligus berharap partai itu terus menjadi penjaga tonggak demokrasi Indonesia.

Anies menyampaikan itu ketika menjawab pertanyaan terkait dengan pemberian ucapan selamat ulang tahun kepada PDI Perjuangan ketika berada di Samarinda, Kalimantan Timur.

Menurut dia, PDI Perjuangan menjadi salah satu partai politik di Indonesia yang konsisten dalam memperjuangkan demokrasi dan merawat konstitusi.

Hal itu, kata Anies, dibuktikan dengan penolakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri atas wacana atau gagasan tiga periode. Padahal, ketika itu terlaksana yang diuntungkan adalah partai besutan presiden ke-5 RI itu.

"Bagi saya PDI Perjuangan adalah salah satu partai yang konsisten dalam menjaga demokrasi dan Ibu Mega penjaga demokrasi yang konsisten berani. Jadi, beliau tidak ingin ada pelanggaran-pelanggaran atas konstitusi walaupun itu mungkin menguntungkan bagi partainya," tutur Anies.

Dengan alasan tersebut, Anies menyampaikan rasa hormat sikap konsisten untuk menjaga demokrasi tetap berjalan dalam relnya yang benar.

Ia juga mengaku ada kesamaan pemikiran dengan PDI Perjuangan, terutama pada persamaan ingin terus menjaga konstitusi di negeri ini.

"Sikap Ibu Mega untuk konsisten menjaga dua periode adalah satu sikap yang akan diingat dalam sejarah demokrasi kita," ucapnya.

Baca juga: Anies akui akur dengan PDI Perjuangan

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies: PDI Perjuangan konsisten jaga konstitusi dan demokrasi