KPU Lampung siapkan perahu-gerobak salurkan logistik ke lokasi 3T

id Lampung,Bandarlampung,KPU Lampung,Logistik,Pemilu

KPU Lampung siapkan perahu-gerobak salurkan logistik ke lokasi 3T

Arsip Foto-Ketua KPU Lampung Erwan Bustami saat menyampaikan sambutan penyerahan secara simbolis logistik Pemilu 2024, di KPU Kota Metro. (ANTARA/HO-Hendra Kurniawan)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menyiapkan perahu dan gerobak sapi guna menyalurkan logistik ke lokasi di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di provinsi ini.

"Ada beberapa lokasi di Lampung yang pendistribusian logistik harus menggunakan gerobak sapi dan perahu, itu sudah kami koordinasikan dengan jajaran, agar moda transportasinya sudah disiapkan," kata Ketua KPU Lampung Erwan Bustami, Bandarlampung, Minggu.

Dia menyebutkan bahwa untuk daerah 3T seperti di Kecamatan Bengkunat, Pesisir Barat, yakni Pekon Way Haru, Way Tias, Bandar Dalam dan Siring Gading, distribusi logistik harus menggunakan gerobak sapi karena jalannya berlumpur dan pada titik tertentu sangat dalam.

Kemudian, lanjut dia, terdapat juga lokasi yang harus menggunakan perahu untuk mendistribusikan logistik seperti di Pulau Pisang, Pulau Pahawang, Pulang Legundi, Pulau Sebesi, dan Pulau Tabuhan.

"Pulau-pulau tersebut berada di Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus dan Pesisir Barat. Untuk pendistribusian logistik kami sudah berkoordinasi dengan jajaran agar semua moda transportasi bisa disiapkan," kata dia.

Erwan pun meyakini, semua jenis logistik pemilu akan tersalurkan semuanya sebelum hari pencoblosan baik itu di daerah 3T maupun bukan.

"Saat ini, untuk logistik secara bertahap sudah tiba di gudang-gudang KPU kabupaten dan kota. Dan insya Allah semua logistik H-1 pencoblosan sudah tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata dia.

Menurut Erwan, yang harus diperhatikan dalam pendistribusian logistik yakni, Lampung sekarang sudah memasuki musim penghujan.

"Kalau di Februari itu hujan kami secara teknis sudah diatur jelas. Bahwa seluruh logistik yang dipacking dalam amplop seperti surat suara, dan kelengkapan TPS lainnya dimuat dalam plastik maka di masukan ke kotak suara.

Kemudian, lanjut dia, kotak suara yang berbahan duplex kedap air akan dibungkus menggunakan plastik besar guna menjamin keamanan logistik pemilu saat pendistribusian.

Ketua KPU Lampung itu pun mengatakan bahwa saat ini untuk logistik Pemilu 2024 yang sudah tiba di gudang KPU kabupaten dan kota yakni kota suara, bilik suara, tinta, segel dan kelengkapan alat coblos.

"Untuk surat suara pemilu DPR RI, DPRD kabupaten/kota dan provinsi, pendistribusian baru untuk Lampung Selatan dan Lampung Tengah," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.