Dompet Dhuafa Jawa Tengah pastikan DD Farm siap penuhi hewan kurban jelang Idul Adha 1444 H

id Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Idul Adha 1444 H

Dompet Dhuafa Jawa Tengah pastikan DD Farm siap penuhi hewan kurban jelang Idul Adha 1444 H

Dompet Dhuafa Jawa Tengah pastikan DD Farm siap penuhi hewan kurban jelang Idul Adha 1444 H. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jawa Tengah (ANTARA) - Dompet Dhuafa Jawa Tengah melakukan monitoring kesiapan Dompet Dhuafa (DD) Farm dalam menyokong Idul Adha Juni hingga Juli 2023 mendatang. Untuk diketahui bahwa diantara program berkelanjutan yang dimiliki oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah adalah program peternakan yang berfokus pada hewan Qurban seperti Kambing, Domba, dan Sapi.

Salah satunya ada di Desa Pagerwojo, Kabupaten Kendal. DD Farm sudah menampung lebih dari 1.000 ekor domba yang dipersiapkan untuk Idul Adha mendatang, sementara total jumlah hewan ternak yang disiapkan oleh DD Farm di Seluruh Jawa Tengah berjumlah lebih dari 2.000 ekor dan Dompet Dhuafa Jawa Tengah memastikan keseluruhannya siap dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

“Kita memiliki SOP yang cukup serius dalam memastikan kualitas hewan kurban dari segi bobot, kesehatan, usia, hingga jenis kelamin nya sebagaimana yang diatur dalam ketentuan syar’i karena ini berkaitan dengan sah atau tidaknya ibadah kurban seseorang, dalam hal Kesehatan kita melakukan pengecekan rutin bersama dinas terkait kerap ternak secara berkala,”ujar Irfan Mahyuddin selaku penanggungjawab pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa Jawa tengah di sela-sela pengecekan rutin,.Rabu (07/06).

Sebagai Informasi hewan Kurban yang tersedia di DD Farm dibagi berdasarkan bobotnya menjadi 4 kategori diantaranya kategori Standard dengan bobot 23-25Kg, kemudian kategori Medium dengan bobot 26-28Kg, selanjutnya kategori premium dengan bobot 29-31Kg, dan super premium dengan bobot 32-34Kg dimana keseluruhannya telah melalui proses sortir yang serius agar memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

“Di DD Farm, sahabat baik boleh pastikan sendiri bagaimana keseriusan kami dalam merawat dan menjaga hewan kurban agar tetap dalam kondisi terbaiknya di hari Idul Adha mendatang, peternak disini semuanya terlatih, prosedur pemeliharaan dijalankan sebaik mungkin, seluruh Peternak di DD Farm juga merupakan masyarakat asli sekitar peternakan yang dilatih agar menjadi peternak yang baik," katanya.


Menurutnya, kurang lebih terdapat 5 orang peternak masyarakat asli sekitar peternakan yang dipekerjakan. Dan bagian terbaiknya adalah masyarakat bisa memilih dimana daging kurban yang dibeli akan dibagikan.

"Bisa kita antarkan untuk disembelih dan dibagikan di lingkungan sekitar kediaman secara mandiri, atau dibagikan oleh tim Dompet Dhuafa Jawa Tengah yang akan memastikan secara langsung distribusi daging kurban di daerah tertinggal, terdalam, dan terpencil yang membutuhkan di berbagai wilayah di Jawa Tengah diantaranya Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang Kabupaten Temanggung dan wilayah lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu,” pungkas Zaini Tafrikhan selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah.


TENTANG DOMPET DHUAFA
 
Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.