Ketua TP-PKK Pesisir Barat buka peringatan hari cuci tangan pakai sabun tingkat kabupaten

id lampung, pesisir barat

Ketua TP-PKK Pesisir Barat buka peringatan hari cuci tangan pakai sabun tingkat kabupaten

Ketua TP-PKK Pesisir Barat buka peringatan hari cuci tangan pakai sabun tingkat kabupaten (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Mendidik masyarakat khusus peserta didik agar sejak dini terbiasa untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir, kata Rochmad

Bandarlampung (ANTARA) - Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021 dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi Istiqlal di SD Negeri 117 Krui Pekon Suka Mulya Kecamatan Lemong,

Ketua pelaksana Sekretaris Dinkes Rochmad, mengatakan, cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir merupakan bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat agar sadar, mau dan mampu melakukan PHBS.

Untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

”Mendidik masyarakat khusus peserta didik agar sejak dini terbiasa untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir,” kata Rochmad.

Di tempat yang sama Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal menjelaskan, peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia merupakan sebuah bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik.

Seiring hal tersebut, Majelis Umum Perserikatan Bangsa- Bangsa pada Tahun 2008 telah menyerukan perlunya peningkatan praktek higiene dan sanitasi diseluruh dunia.

“Sejak saat itulah muncul pula kesadaran untuk mengkampanyekan perlunya cuci tangan pakai sabun, yang ditindaklanjuti dengan penetapan tanggal 15 Oktober sebagai “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia” atau HCTPS,” jelas Septi.