Pemkab Tangerang jadikan sate bandeng produk andalan UMKM

id Pemkab ,Tangerang,Sate Bandeng,UMKM

Pemkab Tangerang jadikan sate bandeng produk andalan UMKM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten kini menjadikan olahan sate Bandeng sebagai salah satu produk andalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendukung pengembangan usaha lokal di daerah itu (Azmi Samsul Maarif)

Banten (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten kini menjadikan olahan sate bandeng sebagai salah satu produk andalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendukung pengembangan usaha lokal di daerah itu.

"Kalau pengembangan produk lokal di Kabupaten Tangerang yang mendapat legalitas dan menjadi andalan yaitu sate bandeng," kata Kepala Seksi Promosi pada Bidang Kemitraan Promosi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Siti Zahro saat ditemui di Tangerang, Selasa.

Salah satu produk UMKM yang sudah mendapatkan legalitas secara resmi yaitu sate Bandeng Sabajo yang dijalankan oleh Rumah Umi Kulsum, di Kampung Buaran, Desa Buaran Jati, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

"Sate Bandeng Keronjo (Sabajo) ini sangat berpeluang besar untuk dikembangkan menjadi adalan produk lokal di Tangerang. Sehingga pengembangan produk andalan lokal itu diharapkan terus meningkat seiring banyaknya permintaan konsumen," katanya.

Sehingga, ke depannya sate bandeng ini menjadi konsumsi harian atau dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah setempat.

"Kita saat ini terus berinovasi mengembangkan olahan Bandeng ini, seperti bagaimana caranya agar dapat tahan lama. Karena selama ini olahan itu hanya bertahan dua sampai tiga hari saja," ungkapnya.

Selain itu, agar pengembangan produk UMKM sate Bandeng ini dapat sempurna. Maka pihaknya juga melakukan kolaborasi bersama Dinas Perternakan dan Dinas Perikanan setempat dalam memperdayakan seluruh pemeliharaan ikan bandeng.

"Kita juga berkolaborasi bersama instansi terkait dalam pemeliharaan ikan-ikan bandeng ini guna menghasilkan produk yang terbaik," ujarnya.

Dengan adanya pengembangan produk olahan ikan tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan dengan pengembangan ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar," kata dia.

Uploader : Angga Pramana