Lima orang dilarikan ke rumah sakit akibat cedera "lari banteng" Pamplona

id Bull Run,Pamplona,Spanyol,festival San Fermin

Lima orang dilarikan ke rumah sakit akibat cedera "lari banteng" Pamplona

Peserta berlari dan menghindari banteng dalam "Great Bull Run" di Petersburg, Virginia, Sabtu (24/8). Berjarak seperempat mil, lebih pendek dari acara bersejarah serupa di Pamplona, Spanyol, diadakan di lintasan drag racing setempat. (REUTERS/Gary Cameron )

Pamplona, Spanyol (ANTARA) - Lima orang harus masuk rumah sakit untuk mendapat perawatan atas cedera yang mereka alami pada hari ketujuh kegiatan tahunan festival San Fermin "lari banteng" di kota Pamplona, Spanyol, pada Sabtu, kata Palang Merah.

Setiap pagi sejak tanggal 7 hingga 14 Juli, ribuan orang mengenakan kemeja warna putih dan selendang merah khas, berbaris di jalanan sempit di kota kuno abad pertengahan untuk ikut serta dalam tradisi kuno yang sudah berlangsung berabad-abad yaitu lari bersama banteng-banteng.

Dalam ajang lari 75 meter itu sebanyak setengah lusin banteng trengginas khususnya yang dikembangbiakkan untuk berpacu dilepas dari kandang untuk lari melewati jalan berliku-liku menuju arena banteng di kota, dan sebagian kerumunan orang ikut lari bersama-sama sambil menghindari serudukan tanduk dan terinjak kaki-kakinya.



Palang Merah mengatakan, kali ini tidak seorang pun pelari yang cedera karena kena tanduk kerbau. Dua orang mengalami cedera lengan karena terjatuh, dua lainnya mendapat luka memar di kepala dan seorang yang terluka di bagian dada.

Banteng-banteng tersebut kemudian disembelih di atas ring pada hari itu.



Sumber: Reuters