Pj Gubernur Lampung sebut pilkada damai jadi tanggung jawab bersama

id Pj Gubernur Lampung, pilkada lampung, pilkada damai

Pj Gubernur Lampung sebut pilkada damai jadi tanggung jawab bersama

Penjabat Gubernur Lampung Samsudin saat memberi keterangan mengenai pilakada damai. ANTARA/HO-Pemprov Lampung.

Pelaksanaan deklarasi kampanye damai di Provinsi Lampung ini bukan hanya sebuah formalitas, namun merupakan wujud komitmen bersama
Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 damai menjadi tanggung jawab semua pihak.
 
"Pelaksanaan deklarasi kampanye damai di Provinsi Lampung ini bukan hanya sebuah formalitas, namun merupakan wujud komitmen bersama untuk mewujudkan proses pemilihan kepala daerah yang damai, jujur, dan adil," ujar Samsudin di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengharapkan kegiatan deklarasi kampanye damai bukan merupakan slogan belaka dan dapat dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat di seluruh wilayah Lampung.
 
"Mari kita buktikan bahwa Provinsi Lampung mampu melaksanakan pesta demokrasi dengan penuh martabat dan dengan penuh kehormatan yang tinggi. Mudah-mudahan semua bisa melaksanakan apa yang menjadi cita-cita masyarakat Lampung agar kita menjadi daerah yang bermartabat, terdepan, dan bisa dicontoh oleh provinsi-provinsi lainnya di Indonesia," katanya.
 
Ia pun meminta kepada seluruh unsur pimpinan, baik di Pemerintah Provinsi Lampung, pemerintah kabupaten dan kota hingga desa dan tingkat rukun tetangga maupun rukun warga untuk tetap menjaga netralitas dalam pemilihan kepala daerah.
 
"Pemilihan kepala daerah ini seperti pertandingan olahraga yang harus tetap menjunjung tinggi sportifitas dan saling menghormati antar pihak agar situasi tetap kondusif," ucap dia.
 
Ia melanjutkan Bawaslu juga harus terus melakukan pengawasan terhadap jalannya pemilihan kepala daerah terutama terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga sportivitas pelaksanaan kampanye pasangan calon.
 
"Dengan terjaganya kondisi yang kondusif karena pelaksanaan pemilihan kepala daerah berjalan dengan baik, akan mendukung juga terpilihnya pemimpin daerah yang akan menjalankan berbagai program yang mendorong perkembangan daerah," tambahnya.

Baca juga: Bawaslu Lampung tetapkan batas harga cenderamata kampanye Rp100 ribu

Baca juga: Bawaslu Lampung: Fasilitas pemerintah dilarang digunakan untuk kampanye

Baca juga: Bawaslu Bandarlampung perkuat kompetensi panwascam hadapi sengketa