Bantuan Medical Services KAMI sampai di Gaza Utara Palestina melalui Dompet Dhuafa

id KAMI, Dompet Dhuafa, Gaza Palestina

Bantuan Medical Services KAMI sampai di Gaza Utara Palestina melalui Dompet Dhuafa

Bantuan Medical Services KAMI sampai di Gaza Utara Palestina melalui Dompet Dhuafa. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Palestina (ANTARA) - Sejak serangan Israel di Gaza pada 7 Oktober 2023 lalu, puluhan ribu warga Palestina telah syahid, sementara ribuan lainnya mengalami luka-luka berat. Situasi pun makin pelik, kala pasokan obat-obatan dan alat-alat medis makin berkurang. Gaza bagian utara mengalami masa sulit sejak lebih dari empat bulan. Ribuan korban tewas, luka-luka, dan tubuh menghilang sampai sekarang.

Kondisi gizi buruk dan kurangnya bantuan medis untuk masyarakat yang masih bertahan di sana membuat keadaan juga makin sulit. Tidak ada obat-obatan, tidak ada tim medis, tidak ada rumah sakit, dan tidak ada makanan. Namun, alhamdulillah, bantuan layanan medis Dompet Dhuafa di Palestina berhasil membantu korban luka yang tidak dapat datang ke rumah sakit, pemberian obat bagi yang membutuhkan khususnya penyakit kronis.

Atas naluri kepedulian yang tinggi, PT Kami Idea Indonesia, perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang fesyen muslim yang fokus pada busana modes yang akrab dikenal dengan brand KAMI,  menyalurkan bantuan untuk Palestina melalui Dompet Dhuafa.

Bantuan berupa layanan medis itu, alhamdulillah, telah disalurkan oleh mitra Dompet Dhuafa di Gaza mulai Sabtu (10/2/2024) hingga Selasa (13/2/2024) di area Rumah Sakit (RS) Kamal Adwan, Gaza Utara, Palestina.

Medical services ini terdiri dari obat-obatan berjenis Verban; Gauze Swab (Sterile, Non Sterile, Single Swap, Lap Gauze), Tape, NaCl 0.9 % Infus 500 ml (Natrium Chloride/Sodium Chloride), Elastic, Bandage, Ceftriaxone, Metronidazole, serta alat-alat medis seperti gloves dan bantuan pelayanan tenaga medis (general check up dan luka bakar).

Tim Pelayanan Medis juga menggulirkan obat-obatan serta pemberian dua jenis antibiotik IV ke lima daerah pengungsian dengan jumlah penerima manfaat lebih dari 1.000 jiwa yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Sekaligus membantu para anggota medis di daerah tersebut dengan dukungan finansial serta ucapan terima kasih.

KAMI telah menyerahkan donasi kepada Dompet Dhuafa untuk Program Respons Palestina secara bertahap pada November 2023 sebesar Rp88.489.910,00 (delapan puluh delapan juta empat ratus delapan puluh sembilan ribu sembilan ratus sepuluh rupiah) dan Desember 2023 sebesar Rp59.888.980,00 (lima puluh sembilan juta delapan ratus delapan puluh delapan ribu sembilan ratus delapan puluh rupiah).

Publikasi campaign dan total donasi sejumlah Rp148.378.890,00 (seratus empat puluh delapan juta tiga ratus tujuh puluh delapan ribu delapan ratus sembilan puluh rupiah) secara simbolis diserahkan langsung oleh Direktur Kami Idea, Afina Candarini, kepada Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti, di Kantor Dompet Dhuafa, Jati Padang, Jakarta Selatan.

“Penghimpunan donasi berasal dari setiap transaksi pada produk KAMI., dilakukan pemotongan infak pembayaran pelanggan sebesar Rp10.000,00 melalui kanal penjualan resminya di 26 toko dan online selama periode November-Desember 2023. Selain lewat pemotongan itu, juga ada donasi dari pelanggan KAMI.,” sebut Afina Candarini. 


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Kerjasama)